//

PENGARUH GAME ONLINE FIRST PERSON SHOOTER (FPS) TERHADAP SIKAP AGRESI ANAK (STUDI KASUS PERMAINAN GAME ONLINE TERHADAP SIKAP AGRESIFITAS ANAK USIA 8-15 TAHUN DI DESA LAMTEUMEN TIMUR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sheidati Zakiah Uli Iman - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sheidati Zakiah Uli Iman. 2020. Pengaruh Game Online First Person Shooter (FPS) Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresi Anak (Studi Kasus Permainan Game Online Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresifitas Anak Usia 8-15 Tahun Di Desa Lamteumen Timur). Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Martunis, M.Si (2) Nurbaity S.Pd, M.Ed Kata kunci : Game Online, first Person Shooter, Agresi Maraknya tingkah laku agresif akhir-akhir ini yang dilakukan oleh remaja merupakan sebuah kajian yang menarik untuk dikupas secara dalam. Perilaku agresif yang sering muncul di media elektronik sering dikaitkan dengan perilaku agresif di dunia nyata. Tujuan penelitian ini: (1)Untuk mengetahui pengaruh game online terhadap perilaku agresi anak di desa Lamteumen Timur. (2) Untuk mengetahui kondisi keluarga anak yang kecanduan bermain game online berjenis FPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara tidak terstruktur. Subjek penelitian ini adalah anak-anak di Desa Lamteumen Timur yang memasuki usia remaja awal dengan rentang usia 8-15 tahun yang berjumlah 5 orang. Dari hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengaruh Game Online First Person Shooter terhadap kecenderungan perilaku agresi anak di desa Lamteumen Timur adalah game berjenis kekerasan lebih besar mempengaruhi perilaku agresif, selain itu juga dipengaruhi oleh frekuensi bermain game online. Beberapa gejala perilaku Agresi yang muncul pada subjek penelitian antara lain seperti; (a) mencuri uang orang tua, (b) memberontak jika tidak dapat bermain game online, (c) mudah marah saat game tidak dapat diakses (d) melontarkan kata-kata kasar dan (e) Tak jarang juga berkelahi. (2) Kondisi keluarga dari anak yang kecanduan bermain game online berjenis First Person Shooter ini pun dilatarbelakangi oleh orang tua yang sibuk bekerja sehingga kurangnya pengawasan serta kontrol terhadap anak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pola asuh liberal pun tercipta yang mana pola asuh tersebut sangat tidak efektif untuk diterapkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN GAME ONLINE DENGAN CARA-CARA BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAYAH NEGRI TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (HERI JUANDA, 2016)

PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PADA ANAK SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (CUT MOZA MOZICA, 2014)

HUBUNGAN PERILAKU AGRESI DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA MAHASISWA (Nurul Badariah, 2019)

HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE BERUNSUR KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK (STUDI PADA SDN 54, SDN 61 DAN SD IT AL- AZHAR) (Putri Amalia, 2017)

HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PENGENDALIAN EMOSIONAL ANAK USIA REMAJA DI SMP/MTS WILAYAH KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Sri Azizah Pase, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy