STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL TANAH SURGA MERAH KARYA ARAFAT NUR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL TANAH SURGA MERAH KARYA ARAFAT NUR


Pengarang

EVI RIDHAYANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706202010018

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa Indonesia (S2) / PDDIKTI : 88101

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Evi Ridhayani, 2019.Struktur Kepribadian Tokoh dalam Novel Tanah Surga Merah Karya Arafat Nur. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (I) Dr. Mohd. Harun, M.Pd. (II) Dr. Razali, M.Pd.
Kata Kunci: Struktur Kepribadian, Id, Ego, Superego


Penelitan ini bertujuan mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur yang meliputi aspek id, ego dan superego. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis dokumen dengan menjadikan tokoh dalam novel sebagai objek penelitian. Struktur kepribadian tokoh dalam cerita dianalisis dengan menggunakan teori kepribadian Sigmund Freud. Hasil penelitian menujukkan bahwa aspek id yang terdapat pada tokoh dalam novel yang dianalisis pada umumnya menunjukkan kesamaan; berhubungan dengan aspek biologis berupa perasaan dan keinginan yang harus dipenuhi (hasrat), meliputi;. rasa lapar, ingin buang air besar, sedih, khawatir, marah, keinginan terhadap sesuatu, kecewa, tidak sabar, cemas, ragu, penasaran, senang, rasa suka dan tidak suka, heran, bingung. Secara umum, wujud ego pada tokoh beroperasi berdasarkan prinsip realistik. Selain itu juga tampak wujud ego berupa pengendalian atau penyesuaian diri terhadap adanya dorongan id dan pertimbangan dari superego. Selanjutnya, superego tokoh dalam novel beroperasi secara seimbang. Terdapat concience dan ego ideal pada diri tokoh dalam cerita sebagai dasar untuk bertindak atau mewujudkan ego.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK