//

PENGARUH PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TRINITA SUKMA ZEGA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) merupakan penyakit infeksi yang masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia yang dapat disebabkan oleh berbagai macam virus yang menginfeksi tubuh balita dengan kekebalan tubuh yang masih lemah. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan ISPA pada balita ialah pemberian ASI ekslusif. ASI ekslusif memiliki kandungan gizi dan sistem kekebalan yang melindungi balita dari infeksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ASI eksklusif terhadap kejadian ISPA pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kopelma Darussalam. Variabel dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan kuisioner pemberian ASI ekslusif pada balita. Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 63 balita diambil dengan teknik Non Random (Non Probability) Sampling dengan metode Accidental sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah uji Chi-Square. Data penelitian menunjukkan balita yang diberikan ASI ekslusif sebesar 30,2% dan balita yang mengalami kejadian ISPA sebesar 82,5%. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa p-value =0,008 yang menunjukkan adanya pengaruh pemberian ASI eksklusif terhadap kejadian ISPA pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kopelma Darussalam. Balita yang tidak mendapatkan ASI ekslusif lebih banyak mengalami kejadian ISPA.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KEJADIAN ISPA PADA ANAK YANG PERNAH MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN YANG TIDAK MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSLAM BANDA ACEH (Roziyanti, 2014)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Yulia Mawaddah Indah Sari, 2019)

HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN TUGAS KESEHATAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG RNACEH BESAR (Khairunnisak, 2015)

HUBUNGAN FAKTOR RISIKO DENGAN KEJADIAN ISPA PADA ANAK USIA BALITA DI POSYANDU KARTIKA KOTA LHOKSEUMAWE (SITI SARA, 2020)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN UPAYA PENCEGAHAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA IBU YANG MEMPUNYAI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2013 (Hafas, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy