//

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI KEPALA KRONIS DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Nur Pertiwi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nyeri kepala merupakan salah satu gangguan yang paling umum dalam masalah kesehatan. Nyeri kepala kronis sangat mempengaruhi morbiditas psikis pasien. Salah satu gangguan psikis yang berkaitan dengan nyeri kepala kronis adalah depresi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas nyeri dengan tingkat depresi pada pasien nyeri kepala kronis. Penelitian ini menggunakan rancangan analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penilaian Intensitas nyeri dilakukan dengan Numeric Rating Scale (NRS) sedangkan depresi menggunkan Hamillton Depression Rating Scale (HDRS). Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan teknik consecutive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 sampel. Hasil penelitian menunjukan responden dengan intensitas nyeri sedang mengalami depresi ringan (60,0%), sedang (13,3%), dan tidak mengalami depresi (26,7%). Pada intensitas nyeri berat didapatkan responden normal (6,7%) dan responden dengan depresi ringan (28,9%), sedang (48,9%), berat (15,6%), sedangkan pada intensitas nyeri sangat berat hanya dijumpai depresi sedang (60,0%) dan berat (40,0%). Hasil statistik menggunakan uji korelasi spearman pada intensitas nyeri kepala kronis dengan tingkat depresi menunjukkan adanya hubungan dengan korelasi sedang (p=0,000) dengan koefisien korelasi (0,513). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara intensitas nyeri kepala kronis dengan tingkat depresi. Kata Kunci: intensitas nyeri, depresi, nyeri kepala kronis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER (Murdia, 2014)

HUBUNGAN DEPRESI DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN HIV/AIDS DI POLIKLINIK VCT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Meurah Intan Mardika, 2016)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH (MUHIBBUL HADI, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KADAR GULA DARAH DENGAN INTENSITAS NYERI PADA PENDERITA NEUROPATI DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUDZA BANDA ACEH (Safrul Jamil, 2016)

GAMBARAN INTENSITAS NYERI PADA PASIEN PASCA BEDAH FRAKTUR DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (selvia nazar wati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy