//

DETEKSI DAN PREVALENSI SALMONELLA SP PADA DAGING AYAM KALASAN DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KAL KAUSAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Daging ayam merupakan bahan pangan yang bernilai gizi tinggi karena mengandung protein, lemak, mineral serta zat lainnya yang dibutuhkan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi keberadaan bakteri Salmonella sp pada daging ayam kalasan di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 sampel daging ayam yang diduga terdapat cemaran bakteri Salmonella sp. Penelitian ini menggunakan metode Total Plate Count (TPC) dimana 25 gram daging ayam dilarutkan dalam 225 ml Buffer Pepton Water (BPW) lalu dituangkan Salmonella Shigella Agar (SSA) padat dan diamati secara makroskopis. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 2 dari 12 sampel daging ayam terdapat cemaran bakteri Salmonella sp pada daging ayam kalasan di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 80 % daging ayam kalasan di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar aman untuk dikonsumsi. Untuk selanjutnya pengolahan bahan pangan perlu dilakukan peningkatan hygiene dan sanitasi sesuai dengan SNI 01-7111-2005. Kata Kunci: Salmonella sp., daging ayam kalasan, cemaran, prevalensi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI CEMARAN BAKTERI SALMONELLA SP. PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (NANDA FITRIA, 2020)

DETEKSI SALMONELLA SP. PADA DAGING PUYUH (COTURNIXCOTURNIX JAPONICA) AFKIR DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (UCI HERAWATI, 2018)

PREVALENSI SALMONELLA SPP. PADA TELUR AYAM KAMPUNG YANG RETAK DAN KOTOR DARI USAHA TERNAK DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA, KABUPATEN ACEH BESAR (THE PREVALENCE OF SALMONELLA SPP. ON THE NATIVE CRACKED AND DIRTY CHICKEN EGGS FROM LIVESTOCK BUSINESS IN KRUENG BARONA JAYA SUB-DISTRICT, ACEH BESAR DISTRICT) (DEVITA AGUSTINA, 2020)

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER DI BALAI VETERINER BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (NURUL HILDANI, 2019)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI SALMONELLA ENTERITIDIS PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL LAMNYONG,KOTA BANDA ACEH (INTAN RAHAYU, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy