//

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KALOR PADA SISWA KELAS VII7 SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tika Yuliana - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Hasil Belajar, Penerapan, Pendekatan Scientific. Salah satu masalah yang terjadi pada pendidikan saat ini adalah rendahnya hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan observasi pada tanggal 22 Februari 2014 di kelas VII7 SMP Negeri 8 Banda Aceh, diperoleh informasi bahwa fisika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit dan kurang diminati oleh siswa. Selain itu, hasil belajar fisika siswa juga masih rendah. Hal ini dikarenakan oleh kurang tepatnya penggunaan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu penulis memilih pendekatan pembelajaran scientific untuk diterapkan pada materi kalor agar meningkatnya hasil belajar siswa pada materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran scientific pada materi kalor di kelas VII7 SMP Negeri 8 Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dengan penerapan pendekatan scientific pada materi kalor di kelas VII7 SMP Negeri 8 Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui kemampuan guru mengelola kelas melalui penerapan pendekatan pembelajaran scientific pada materi kalor di kelas VII7 SMP Negeri 8 Banda Aceh. (4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific pada materi kalor di kelas VII7 SMP Negeri 8 Banda Aceh. Teknik pengumpuan data pada penelitian ini dengan menggunakan instrumen- instrumen yang terdiri dari tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran scientific dan lembar respon siswa. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Penerapan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kalor, (2) Aktivitas guru dan siswa sudah mencerminkan pembelajaran scientific, (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran materi kalor dengan menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas VII7 SMP Negeri 8 Banda Aceh secara umum pada siklus I termasuk dalam kategori cukup baik, siklus II termasuk kategori baik dan siklus III termasuk kategori baik sekali, (4) Respon siswa terhadap pembelajaran scientific menyetujui kegiatan KBM dengan pendekatan scientific dan berminat untuk mengikuti KBM selanjutnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Tengku Hafinda, 2014)

EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 3 BANDA ACEH PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA (Lia Safrida, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII3 PADA MATERI GERAK LURUS DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (anista rahmi, 2015)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERIPERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 18 BANDA ACEH (Irna Handri Mastuti, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE YANG DIPADUKAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (Hulyatul Azni, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy