//

KEMAMPUAN SISWA KELAS XI MAN 3 PIDIE MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASHIF ALBARKHIA AZMI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Azmi, Ashif Albarkhia. 2019. Kemampuan Siswa Kelas XI MAN 3 Pidie Mengidentifikasi Unsur pembangun Cerpen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Saifuddin Mahmud, M.Pd., (2) Muhammad Idham, S.Pd., M.Ed. Kata Kunci: kemampuan siswa, mengidentifikasi, unsur pembangun cerpen. Penelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa Kelas XI MAN 3 Pidie Mengidentifikasi Unsur Pembangun Cerpen”. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI MAN 3 Pidie mengidentifikasi tema dalam cerita pendek, (2) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI MAN 3 Pidie mengidentifikasi alur dalam cerita pendek, (3) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI MAN 3 Pidie mengidentifikasi latar dalam cerita pendek, (4) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI MAN 3 Pidie mengidentifikasi tokoh dan penokohan dalam cerita pendek, (5) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI MAN 3 Pidie mengidentifikasi sudut pandang dalam cerita pendek, (6) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI MAN 3 Pidie mengidentifikasi gaya bahasa dalam cerita pendek, (7) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI MAN 3 Pidie mengidentifikasi amanat dalam cerita pendek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Pidie yang berjumlah 121 orang dan sampel yang diambil sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik nontes. Hasil kemampuan siswa kelas XI MAN 3 Pidie mengidentifikasi unsur pembangun cerita pendek adalah 82,2. Hasil yang diperoleh siswa dari mengidentifikasi unsur pembangun cerpen dalam aspek tema adalah 76,6, hasil yang diperoleh siswa dari mengidentifikasi unsur pembangun cerpen dalam aspek alur adalah 87,6, hasil yang diperoleh siswa dari mengidentifikasi unsur pembangun cerpen dalam aspek latar adalah 77, hasil yang diperoleh siswa dari mengidentifikasi unsur pembangun cerpen dalam aspek tokoh dan penokohan adalah 77,5, hasil yang diperoleh siswa dari mengidentifikasi unsur pembangun cerpen dalam aspek sudut pandang adalah 65,6, hasil yang diperoleh siswa dari mengidentifikasi unsur pembangun cerpen dalam aspek gaya bahasa adalah 60,6, hasil yang diperoleh siswa dari mengidentifikasi unsur pembangun cerpen dalam aspek amanat adalah 68,4. Adapun hasil keseluruhan dari penelitian ini bahwa nilai yang diperoleh siswa pada rentang sangat mampu berjumlah 31 siswa, pada kategori mampu berjumlah 0 siswa, pada kategori kurang mampu berjumlah 5 siswa. Dengan demikian, kemampuan siswa kelas XI MAN 3 Pidie mengidentifikasi unsur pembangun cerita pendek tergolong dalam kategori sangat mampu.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN METODE BATU LONCATAN (STEPPING STONE) PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN KARYA SASTRA DALAM CERITA PENDEK DI KELAS IX SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (WARDINA HASANAH HAREFA, 2019)

KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA RAKYAT SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SABANG KECAMATAN SUKAKARYA KABUPATEN KOTA SABANG (Nuzul Rahmi, 2014)

KEMAMPUANSISWAKELAS XI SMANEGERI7 BANDA ACEH MENGIDENTIFIKASI KONJUNGSI TEMPORAL DALAM TEKS CERITA PENDEK (Nuurun Fauqa Nuurin, 2018)

KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMAN 1 CALANG MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM CERITA PENDEK (Novia Sari, 2019)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 RUNDENG MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS NARASI (Maya Sari, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy