PENGARUH PENGGUNAAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEHRNTAHUN AJARAN 2013/2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PENGGUNAAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEHRNTAHUN AJARAN 2013/2014


Pengarang

Tri Aisyah Sutari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103070014

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan Multi Representasi dalam menyelesaikan soal fisika pada materi teori kinetik gas terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multi representasi dalam menyelesaikan soal fisika pada materi teori kinetik gas terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 123 siswa sedangkan sampelnya 48 siswa terdiri dari 2 kelas, yang diambil dengan teknik random sampling yaitu dengan cara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multi representasi dalam menyelesaikan soal fisika pada materi teori kinetik gas terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Ace. Hasil ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis (t) yang dilakukan penulis. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung ? ttabel dengan nilai thitung = 2,52 dan ttabel = 2,02. Sehingga hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan multi representasi lebih baik dari pada hasil belajar siswa pada kelas yang tanpa menggunakan multi representasi.

Kata Kunci : Multi Representasi, Soal Fisika, Hasil Belajar Siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK