//

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA BP2IP MALAHAYATI ACEH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN INSTRUKTUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cakra Prapanca Yuda - Personal Name

Abstrak/Catatan

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA BP2IP MALAHAYATI ACEH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN INSTRUKTUR Oleh : Cakra Prapanca Yuda NPM: 1709200050032 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Kompetensi manajerial adalah suatu keterampilan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan pengawasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kompetensi manajerial kepala dalam meningkatkan mutu pembelajaran instruktur, meliputi: Perencanaan program; pelaksanaan program; evaluasi; hambatan yang dihadapi dan tindak lanjut yang lakukan dalam meningkatkan mutu pembelajaran instruktur. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala BP2IP, instruktur, ketua jurusan, KASI Gardik, tim monitoring kelas dan taruna pada BP2IP Malahayati Aceh. Hasil penelitian ditemukan: perencanaan program disusun dengan baik dan efesien, baik itu program terhadap taruna maupun instruktur, mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan kementerian; Pelaksanaan program direspon sangat baik oleh instruktur dan taruna walaupun belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena ada kendala; Evaluasi dilakukan melalui tim monitoring kelas yang semua informasi akan dilaporkan ke kepala dan diumumkan melalui WA grup dan bisa dilihat oleh semua pegawai BP2IP Malahayati Aceh; Hambatan yang dihadapi kepala masih kurangnya instruktur, rasio instruktur dengan taruna adalah tidak sebanding (1 : 28), semua pegawai BP2IP terdiri dari 75% non PNS menyebabkan timbulnya permasalahan lain seperti banyaknya instruktur yang rangkap jabatan sehingga menyebabkan instruktur tidak ada di tempat, kurangnya pembantu pelaksana instruktur ketika praktek dan membuat instruktur kewalahan; dan tindak lanjut yang dilakukan menggunakan program Class meeting yang sangat efektif untuk menampung semua permasalahan yang terjadi terhadap proses pembelajaran. Diharapkan kepada kementerian perhubungan segera memenuhi kebutuhan instruktur, karena sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas sehingga mutu pembelajaran bisa berjalan secara efektif. Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, dan Mutu Pembelajaran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN MALAHAYATI ACEH DAN SEKOLAH USAHA PERIKANAN MENENGAH NEGERI LADONG ACEH (MUHAMMAD SAPRIL SIREGAR, 2018)

MANAJEMEN BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN MALAHAYATI ACEH (RISPA SAEFUL MUTAMAR, 2018)

ANALISIS KOMPETENSI, BEBAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN MALAHAYATI (BP2IP) ACEH (Hasan Sadili, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KEMAMPUAN MANAJEMEN KELAS GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH BP2IP MALAHAYATI ACEH (SABARUDDIN, 2018)

MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MARITIM TARUNA DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN MALAHAYATI ACEH (DIAH VITALOKA HARTATI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy