UJARAN KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PENGGUNA INSTAGRAM DI ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

UJARAN KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PENGGUNA INSTAGRAM DI ACEH


Pengarang

NILAWATI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606102010059

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Subject
-
Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Nilawati. 2019. Ujaran Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pengguna Instagram di Aceh. Skripsi. Jurusan Pendiidkan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Saa’diah, M.Pd., (2) Drs. Mukhlis, M.Hum.

Kata kunci : ujaran kesantunan, interaksi pengguna dan instagram.

Penelitian ini berjudul “Ujaran Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pengguna Instagram di Aceh”. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prinsip ujaran kesantunan berbahasa dalam interaksi pengguna instagram di Aceh khususnya pada akun instagram @kabaraceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip ujaran kesantunan berbahasa dalam interaksi pengguna instagram di Aceh khususnya pada akun instagram @kabaraceh.
Data dalam penelitian ini adalah tangkapan layar dari komentar pengguna instagram pada postingan yang diunggah oleh akun @kabaraceh pada tanggal 1 hingga 29 November 2019. Penelitian kualitatif (qualitative research) merupakan penelitian yang bertujuan mendeskripsikan suatu fenomena. Hasil penelitian terdiri dari 1 akun berita yang diikuti oleh penulis, yakni akun @kabaraceh dengan jumlah pengikut melebihi 632.000 penguna. Subjek penelitian adalah 10 postingan yang diunggah oleh akun tersebut dalam bulan November 2019. Dalam akun tersebut peneliti memilih 10 postingan yang diunggah oleh admin akun tersebut dari tanggal 1 hingga 29 November 2019. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan telaah penelitian kualitatif.
Penelitian menunjukan bahwa (1) Interaksi sesama pengguna dan pengikut pada akun Instagram @kabaraceh memenuhi prinsip kesantunan yang disampaikan oleh Leech, yaitu skala cost benefit scale adalah keuntungan dan kerugian yang diakibatkan oleh tindak tutur, optionality scale adalah skala pilihan pada banyak atau sedikitnya pilihan yang disampaikan kepada mitra tutur, indirectness scale adalah skala ketidaklangsungan yang menunjuk pada langsung tidaknya sebuah tuturan, dan authority scale adalah skala keotoritasan pada hubungan status sosial penutur dan mitra tutur. (2) Persentase hasil dari tiap postingan yang dipilih berbeda.
.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK