//

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRIA IKLIMA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Iklima, Fitria. 2020. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Skripsi.” Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Armia, S.Pd., M.Hum., (2) Subhayni, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: model Problem Based Learning (PBL), teks eksplanasi Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh.” Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Base Learning (PBL) pada pembelajaran teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh, (2) Bagaimanakah proses pembelajaran dengan menerapkan model Problem Base Learning (PBL) pada pembelajaran teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh, (3) Bagaimanakah hasil pembelajaran siswa dengan menerapkan model Problem Base Learning (PBL) pada pembelajaran teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penilian ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknik observasi dengan bahan dokumentasi berupa RPP dan observasi berupa pengamatan pada proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun RPP sesuai dengan langkah-langkah model Problem Based Learning (PBL) dan sesuai dengan RPP yang tetapkan dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berjalan dengan baik dan sesuai dengan RPP yang dirancang oleh guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan model Problem Based Learning (PBL). Hasil materi pembelajaran teks eksplanasi berhasil mencapai tujuan pembelajaran dalam menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sesuai dengan indikator penilaian guru dalam penilaian sikap dan kemampuan siswa. Nilai rata-rata siswa kelas VIII-1 adalah 81,78 dan nilai rata-rata siswa kelas VIII-2 adalah 83,42 ini menujukan bahwa nilai rata-rata siswa telah melampaui nilai KKM yang ditetapkan, yaitu 73.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANDA ACEH (Winda Handayani, 2018)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII1 SMP N 9 BANDA ACEH PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA TAHUN AJARAN 2014/2015 (Iza ismizar, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH (Widia Merjia Rova, 2016)

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy