TABIB PATAH: SEJARAH KELUARGA PENGOBATAN TRADISIONAL “PATAH” DI KECAMATAN BEUTONG, KABUPATEN NAGAN RAYA 1950-2018 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

TABIB PATAH: SEJARAH KELUARGA PENGOBATAN TRADISIONAL “PATAH” DI KECAMATAN BEUTONG, KABUPATEN NAGAN RAYA 1950-2018


Pengarang

ULFA YANTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101020028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Yanti, Ulfa. 2020. Tabib Patah: Sejarah Keluarga Pengobatan Tradisional “Patah” di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya 1950-2018. Pembimbing :
(1) Drs. Mawardi, M.Hum., M.A. (2) Drs. Teuku Kusnafizal., M.Pd.

Kata Kunci : Pengobatan Tradisional, Tabib “Patah”, Silsilah Keluarga
Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana sejarah latar belakang adanya pengobatan tradisional patah di keluarga ini, silsilah keluarga pengobatan tradisional patah, proses regenerasi pengobatan tradisional dan sistem pengobatan tradisional di keluarga ini. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asal-usul pengobatan tradisional khususnya patah, proses dalam meregenerasi pengobatan tradisional dalam keluarga tabib patah dan untuk mendeskripsikan bagaimana sistem pengobatan tradisional yang berkembang dari dulu hingga sekarang. Penelitian ini diberi judul “Tabib Patah: Sejarah Keluarga Pengobatan Tradisional “Patah” di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya 1950-2018”, karena keluarga ini terkenal dengan pengobatan tradisionalnya dan masih mempertahankan sampai generasi saat ini, sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode sejarah yaitu pemilihan topik, heuristik atau mengumpulkan sumber, verifikasi atau kritik sumber, Interpretasi/penafsiran sumber dan historiografi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Pengobatan tradisional khususnya patah di keluarga tabib patah berasal dari Tengku Sida yang mewariskan ilmu ini kepada generasi-generasinya hingga berkembang sampai saat ini (2) Proses regenerasi dilakukan oleh ayah kepada anaknya atau kakek kepada cucunya untuk mempelajari ilmu ini sehingga dapat diterapkan dalam kehidupannya (3) Memasuki zaman yang modern membuat sistem pengobatan mengalami perkembangan di beberapa aspek yang membuat sistem pengobatan tidak terlihat kaku. Disarankan penelitian ini dapat disebarluaskan guna mengisi bahan bacaan generasi muda agar dapat mengetahui tentang perkembangan kesehatan dalam bidang pengobatan tradisional.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK