//

IDENTIFIKASI KOMPETENSI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI SEBAGAI CALON GURU GEOGRAFI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAJIRAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Muhajirah, 2019. Identifikasi Kompetensi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Sebagai Calon Guru Geografi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Wahab Abdi. M.Si. (2) Novia Zalmita, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: identifikasi, kompetensi, geografi, mahasiswa Kualitas sumber daya manusia dipengaruhi oleh berbagai indikator, salah satunya adalah indikator pendidikan. Guru merupakan pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal. Kompetensi guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran dan pendidikan di sekolah, namun kompetensi guru tidak berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi oleh faktor latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar dan lamanya mengajar. Adapun kompetensi guru sebagai agen pembelajaran meliputi kompetensi pedagogic, professional, kepribadian dan sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah angkatan 2015 dan 2016 sebagai calon guru geografi? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah angkatan 2015 dan 2016 sebagai calon guru geografi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah 50 mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah angkatan 2015 dan 2016 yang sudah lulus mata kuliah Pengajaran Mikro dan Magang III. Dikarenakan jumlah populasinya sedikit dan dapat dijangkau maka menggunakan teknik total sampling, sehingga yang menjadi sampel pada penelitian ini keseluruhan dari populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran instrument tes kepada responden. Data tersebut dianalisis menggunakan rumus persentase statistik deskriptif. Hasil penelitian kompetensi guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah sebagai calon guru geografi menunjukkan bahwa tingkat kompetensi guru mahasiswa geografi sebagai calon guru berada pada kategori sedang, yaitu sebanyak 22 responden (44%). Sebanyak 12 responden (24%) berada pada kategori tinggi, 15 responden (30%) berada pada kategori rendah dan 1 responden (2%) berada pada kategori sangat rendah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI SMA DAN MA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI KOTA BANDA ACEH (Khadafi, 2015)

HUBUNGAN NILAI MICRO TEACHING DAN NILAI MAGANG KEPENDIDIKAN III DENGAN KOMPETENSI MENJADI GURU GEOGRAFI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (HARI HIKMAWAN, 2019)

PROFESJONALISME GURU GEOGRAFI SMA SE-KOTA BANDA ACEH (Maulidar, 2021)

PERSEPSI SISWA TERHADAP MAHASISWA PRAKTIKAN PPL BLDANG STUDJ GEOGRAFI FKIP UNSYIAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI SE-ACEH BESAR (Nurul Husna, 2021)

HUBUNGAN 21ST CENTURY SKILLS DAN SELF EFFICACY DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Intan Agusriati, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy