//

KOMPETENSI KEPRIBADIAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FADHLINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fadhlina. 2019. Kompetensi Kepribadian Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Syiah Kuala. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. 1) Drs. Martunis, M.Si 2) Drs. M.Husen, M.Pd Kata Kunci : Mahasiswa dan Kompetensi Kepribadian Konselor Kompetensi kepribadian merupakan salah satu kompetensi yang sangat penting dimiliki oleh seorang konselor. Kompetensi kepribadian yang baik akan menunjang keberhasilan layanan konseling. Seorang konselor dituntut untuk dapat memiliki kompetensi kepribadian sesuai dengan tuntutan profesi bimbingan dan konseling. Kompetensi kepribadian yang wajib dimiliki konselor tertuang dalam Permendiknas nomor 27 tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Kompetensi kepribadian mahasiswa bimbingan dan konseling di Universitas Syiah Kuala perlu diketahui kesesuaiannya dengan standar kompetensi kepribadian yang telah ditetapkan karena dengan begitu dapat diketahui sejauh mana penguasaan kompetensi kepribadian yang sudah dimiliki mahasiswa sehingga dapat menunjang keberhasilan suatu profesi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran kompetensi kepribadian yang dimiliki mahasiswa bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 169 mahasiswa dengan sampel sebanyak 118 orang mahasiswa. Terdiri dari mahasiswa angkatan 2016 yang berjumlah 36 mahasiswa, angkatan 2017 yang berjumlah 37 mahasiswa, angkatan 2018 yang berjumlah 45 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dalam bentuk skala likert dengan 5 alternatif pilihan jawaban. Jumlah butir angket yang valid yaitu 76 item dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,972. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kompetensi kepribadian mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala dapat digambarkan : sebagian besar (55,08%) berada dalam kategori tinggi, hampir setengahnya (27,96%) sangat tinggi, sebagian kecil (15,25%) dalam kategori sedang dan rendah (1,6%).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 KOTA BANDA ACEH (Khairiah, 2016)

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN SIKAP ASERTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN RNKONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU RNPENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (NURUL HIKMAH, 2015)

SIKAP MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNSYIAH DALAM MEMENUHI TUNTUTAN KOMPETENSI PROFESIONAL (KURNIA REZEKI, 2020)

IDENTITAS PERENCANAAN KARIR (PENELITIAN PADA MAHASISWA AKHIR PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Hasna Nisa, 2020)

EFIKASI DIRI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KOMPETENSINYA (MUTIARA SARI TOBING, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy