//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVRA RIZKIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rizkia, Novra. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Contextual Teaching and Learning dalam Pelajaran Geografi Kelas X di SMAN 5 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : 1) Drs. Thamrin K, M.Si 2) Novia Zalmita, S.Pd. M.Pd Kata Kunci : Perbandingan, Problem Based Learning, Contextual Teaching and Learning, Hasil belajar Penelitian ini merupakan penelitian yang terkait dengan perbandingan hasil belajar dari penerapan dua model pembelajaran yaitu Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan model Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Geografi Kelas X di SMAN 5 Banda Aceh?. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model Problem Based Learning dengan model Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Geografi Kelas X di SMAN 5 Banda Aceh. Hipotesis yang diajukan yakni hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan mengambil sampel dua kelas dari kelas X di SMAN 5 Banda Aceh yang berjumlah 46 peserta didik. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik non parametrik menurut Mann Whitney (Uji U) dengan menggunakan uji Z karena sampel >20. Adapun kriteria uji dari uji Mann Whitney yakni apabila Zhitung > Ztabel, maka terima Ha. Hasil yang diperoleh dari hasil Uji U yakni Zhitung = 5,81 dan pada taraf signifikansi 5%, diperoleh Ztabel = 1,65. Jadi diperoleh Zhitung > Ztabel sehingga terima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan model Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Geografi Kelas X di SMAN 5 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM (RIZKI KUSUMA DEWI, 2020)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSION DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MAULIDIN, 2019)

PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 8 BANDA ACEH (SERINA, 2020)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (NURMANSYAH PUTRA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy