//

PERBANDINGAN PENGARUH EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA L.) DENGAN POLYVINYL PYRROLIDONE-SODIUM HYALURONATE TERHADAP JUMLAH FIBROBLAS (STUDI PADA TIKUS PUTIH [RATTUS NORVEGICUS])

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FATIMAH SAHARA ZAMZAMI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Fatimah Sahara Zamzami Fakultas : Kedokteran Gigi Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul : Perbandingan Pengaruh Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava L.) dengan Polyvinylpyrrolidone-Sodium Hyaluronate Terhadap Jumlah Fibroblas (Studi Pada Tikus Putih [Rattus norvegicus]) Latar Belakang : Penyembuhan luka merupakan suatu proses seluler dan kompleks yang bertujuan untuk mengembalikan keutuhan jaringan yang rusak akibat luka. Fase yang terjadi pada proses penyembuhan luka adalah inflamasi, proliferasi, dan maturasi (remodelling). Salah satu penentuan hasil akhir dari penyembuhan luka adalah proliferasi fibroblas. Fibroblas memiliki kemampuan mensintesis serat kolagen yang akan menutupi daerah perlukaan. Tanaman obat alami yang berpotensi untuk mempercepat penyembuhan luka yaitu daun jambu biji (Psidium guajava L.) yang memiliki kandungan flavonoid, tanin, saponin, dan alkaloid. Polyvinylpyrrolidone-Sodium Hyaluronate gel merupakan salah satu produk pengobatan luka yang beredar di pasaran dan dapat membantu proses penyembuhan luka. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh ekstrak daun jambu biji (Psidium guajava Linn.) dengan Polyvinylpyrrolidone-sodium hyaluronate terhadap jumlah fibroblas (Studi pada Tikus putih [Rattus norvegicus]). Metode : Metode penelitian ini adalah eksperimental laboris mengunakan 10 ekor sampel tikus putih yang dibagi menjadi dua kelompok dan diberi perlukaan di gingiva anterior mandibula. Kedua kelompok perlakuan diaplikasikan secara topikal pada pagi dan sore hari selama 14 hari, kemudian jaringan luka diamati secara histologis. Hasil penelitian : Pengamatan jumlah fibroblas pada kelompok perlakuan yang diaplikasikan gel ekstrak daun jambu biji (Psidium guajava Linn.) memiliki rerata 28±11 sedangkan kelompok perlakuan yang diaplikasikan Polyvinylpyrrolidone-sodium hyaluronate gel adalah 10±4. Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang bermakna pada penelitian perbandingan pengaruh ekstrak daun jambu biji (Psidium guajava Linn.) dengan Polyvinylpyrrolidone-sodium hyaluronate terhadap jumlah fibroblas (Studi pada Tikus putih [Rattus norvegicus]). Kata Kunci : Penyembuhan Luka, Ekstrak Daun Jambu Biji, Polyvinylpyrrolidone-Sodium Hyaluronate Gel, Fibroblas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PENGARUH EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA L.) DENGAN POLYVINYL PYRROLIDONE-SODIUM HYALURONATE GEL TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA (STUDI PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS)) (Dinda Hidayatika, 2019)

PERBANDINGAN PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ALGA MERAH DENGAN POLYVINYLPIRROLIDONE-SODIUM HYALURONATE GEL TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA PADA TIKUS PUTIH. (ZUHRA MARFIRAH, 2020)

UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA EKSTRAK METANOL DAUN JAMBU BIJI MERAH DAN DAUN DAUN JAMBU BIJI PUTIH (PSIDIUM GUAJAVA L.) TERHADAP ESCHERICHIA COLI (Hayatun Yulia, 2014)

PENGARUH BAHAN KEMASAN TERHADAP KANDUNGAN VITAMIN C PADA JAMBU BIJI MERAH (PSIDIUM GUAJAVA L.) YANG DISIMPAN DI LEMARI PENDINGIN (UTARI ATIA PERTIWI, 2014)

PENGARUH LAMA PERENDAMAN DALAM AIR KELAPA MUDA TERHADAP PERKECAMBAHAN BENIH JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA L.) (Nova Hazliana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy