//

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KONFLIK BUAYA MUARA (CROCODYLUS POROSUS) DENGAN MANUSIA DI DESA KILANGAN KABUPATEN ACEH SINGKIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Raudhatin - Personal Name

Abstrak/Catatan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KONFLIK BUAYA MUARA (Crocodylus porosus) DENGAN MANUSIA DI DESA KILANGAN KABUPATEN ACEH SINGKIL Raudhatin (1), Dr. Abdullah, M.Si. (2), Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si. (3) (1) Mahasiswa, (2) Pembimbing I, (3) Pembimbing II 1Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh Email: raudhatin.bio15@fkip.unsyiah.ac.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi masyarakat yang pernah terkena konflik dengan masyarakat yang tidak pernah terkena konflik Buaya Muara (Crocodylus porosus) dengan Manusia dan untuk mengetahui perbedaan persepsi masyarakat terhadap konflik Buaya Muara dengan Manusia di Gampong Kilangan Kabupaten Aceh Singkil di tinjau berdasarkan pendidikan, jenis kelamin dan suku. Penelitian dilakukan di bulan Agustus 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan angket dan wawancara. Analisis data dengan Chi-kuadrat. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah terkena konflik buaya muara dengan manusia dan yang tidak pernah terkena konflik buaya muara dengan manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat dilihat dari parameter pengetahuan, persepsi, dan tindakan masyarakat bahwa terdapat perbedaan persepsi masyarakat yang pernah mengalami konflik dengan yang tidak pernah mengalami konflik buaya muara dengan manusia. Ditinjau berdasarkan jenis pendidikan, jenis kelamin dan suku dilihat dari parameter pengetahuan, persepsi, dan tindakan masyarakat bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi masyarakat yang pernah mengalami konflik buaya muara dengan manusia ditinjau dari jenis pendidikan, jenis kelamin, dan suku. Kesimpulannya adalah (1) Terdapat perbedaan persepsi masyarakat yang pernah terkena konflik dengan masyarakat yang tidak pernah terkena konflik buaya dengan manusia di Kabupaten Aceh Singkil (2) Tidak terdapat perbedaan persepsi masyarakat yang pernah terkena konflik dengan masyarakat yang tidak pernah terkena konflik buaya-manusia di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil ditinjau berdasarkan pendidikan, jenis kelamin, dan suku. Kata Kunci: Persepsi, Konflik, Buaya Muara

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KUALITAS PERAIRAN BERDASARKAN PARAMETER LOGAM CU DAN CD PADA SEDIMEN DI SUNGAI SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL (Saidin Isnaini Anak Ampun, 2018)

KARAKTERISTIK HABITAT BERSARANG (NESTING SITE) BUAYA MUARA (CROCODYLUS POROSUS) DI MUARA SINGKIL DESA KILANGAN KECAMATAN SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL (Hafidz Fadilloh, 2016)

ANALISIS KONFLIK MANUSIA DENGAN GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS)DI KECAMATAN PEUNARON KABUPATEN ACEH TIMUR (Fahmy Armanda, 2017)

KEPADATAN POPULASI DAN UKURAN LAYAK PANEN KEPITING BAKAU (SCYLLA SP) DI EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG KILANGAN KABUPATEN ACEH SINGKIL (Sartiyana, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT SEKITAR KAWASAN KONFLIK GAJAH-MANUSIA TERHADAP KONSERVASI GAJAH DAN HABITATNYA DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR. (Putri Hilmayanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy