KEANEKARAGAMAN POLYCHAETA DI PERAIRAN KACA-KACU DAN PERAIRAN LAMTENG PULAU NASI KECAMATAN PULAU ACEH KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KEANEKARAGAMAN POLYCHAETA DI PERAIRAN KACA-KACU DAN PERAIRAN LAMTENG PULAU NASI KECAMATAN PULAU ACEH KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

SARAH NADIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103010032

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Nadia, Sarah. 2020. Keanekaragaman Polychaeta di Perairan Kaca-kacu dan Perairan Lamteng Pulau Nasi Kecamatan Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Prof. Dr. M. Ali S., M.Si (2) Dr. Ismul Huda, M.Si.
Kata Kunci: keanekaragaman, polychaeta, kosmopolitan
Polychaeta merupakan cacing yang termasuk ke dalam Filum Annelida yang memiliki setae, tubuh beruas-ruas hingga hidupnya kosmopolitan di berbagai tipe ekosistem laut. Penelitian berjudul “Keanekaragaman Polychaeta di Perairan Kaca-Kacu dan Perairan Lamteng Pulau Nasi Kecamatan Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar”, telah dilaksanakan sejak bulan Juli 2019 s/d Januari 2020. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat keanekaragaman spesies Polychaeta yang terdapat di Perairan Kaca-Kacu dan Perairan Lamteng serta untuk mengetahui kondisi faktor fisika-kimia. Metode yang digunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling didasari pada keberadaan Polychaeta di perairan. Analisis data menggunakan rumus indeks keanekaragaman Shannon-Winner, dianalisis secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian terdapat 10 spesies Polychaeta dari 5 famili. Tingkat keanekaragaman Polychaeta yang berada pada dua stasiun di Kawasan Perairan Pulau Nasi Kecamatan Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar tergolong rendah dengan indeks keanekaragamannya adalah H’= 1,1710. Spesies Polychaeta yang mendominasi di daerah Perairan Kaca-kacu dan Perairan Lamteng adalah Spirobranchus giganteus. Hasil pengukuran factor fisika-kimia untuk suhu berkisar 24 0C-30 0C, pH 7,0-8,17, dan salinitas berkisar 320/00-340/00.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK