IDENTIFIKASI DAN KEANEKARAGAMAN BURUNG DI HUTAN PINING KABUPATEN GAYO LUES DALAM KAWASAN EKOSISTEM LEUSER | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IDENTIFIKASI DAN KEANEKARAGAMAN BURUNG DI HUTAN PINING KABUPATEN GAYO LUES DALAM KAWASAN EKOSISTEM LEUSER


Pengarang

Zurfika Ramayanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103010002

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Ramayanti, Zurfika. 2019. Identifikasi dan Keanekaragaman Burung di Hutan Pining Kabupaten Gayo Lues dalam Kawasan Ekosistem Leuser. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.

(1) Dr. Khairil, M.Si., (2) Dr. Abdullah, M.Si., Kata kunci: Keanekaragaman Spesies, Burung, Hutan Pining.
Hutan Pining Kecamatan Pining adalah salah satu kawasan ekosistem Leuser. Tingginya aktivitas penduduk seperti penebangan liar, alih fungsi hutan, dan pemburuan satwa liar, dan pembukaan lahan dengan cara membakar hutan di kawasan hutan Pining Kecamatan Pining akan berimbas terhadap keanekaragaman burung. Pengamatan data telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi spesies burung di kawasan hutan Pining Kabupaten Gayo Lues. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi langsung (direct observation) dikombinasikan dengan line transect. Hasil penelitian yang dilakukan di Hutan Pining didapatkan 30 spesies burung yang terdiri dari 21 famili. Keanekaragaman Burung di Hutan Pining Kabupaten Gayo Lues dalam Kawasan Ekosistem Leuser tergolong tinggi (H’= 3.0455) pada hutan primer, dan sedang (H’= 2,434) pada habitat hutan sekunder. Famili dari spesies burung terbanyak yang terdapat di hutan Pining Kabupaten Gayo Lues adalah Famili dari Estrildidae dan Rhipiduridae yang masing-masing sebanyak 3 spesies burung.





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK