KEANEKARAGAMAN MAKROZOOBENTOS DI PERAIRAN TAWAR SUNGAI RAINFOREST LODGES KEDAH KECAMATAN BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KEANEKARAGAMAN MAKROZOOBENTOS DI PERAIRAN TAWAR SUNGAI RAINFOREST LODGES KEDAH KECAMATAN BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES


Pengarang

HARYATI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506150010006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (Gayo Lues) (S1) / PDDIKTI : 84026

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Haryati, 2020. Keanekaragaman Makrozoobentos di Perairan Tawar Sungai Rainforest Lodges Kedah Kecamatan Blangjerango Kabupaten Gayo Lues. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi PSDKU Kampus Gayo Lues, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Iswadi, S.Pd., M.Si., (2) Mimie Saputri, S.Pd., M.EEL.


Kata kunci: keanekaragaman, makrozoobentos, sungai Rainforest Lodges Kedah.

Rainforest Lodges Kedah adalah satu tempat wisata yang juga dijadikan tempat untuk kegiatan penelitian. Berbagai aktivitas manusia seperti pembuangan limbah industri dan limbah rumah tangga menyebabkan menurunnya kualitas air sungai, mengakibatkan sungai tidak mampu lagi melakukan pemulihan, berakibat pada keanekaragaman biota perairan salah satunya aktivitas makrozoobentos. Telah dilaksanakan sejak bulan Agustus sampai dengan Desember 2019. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui tingkat keanekaragaman makrozoobentos, dan untuk (2) mengetahui kondisi fisika dan kimia perairan. Metode yang digunakan adalah metode survey, dengan teknik purposive sampling, berdasarkan kehadiran makrozobentos air tawar. Analisis data menggunakan rumus indeks keanekaragaman Shannon-Wiener. Hasil penelitian terdapat 15 spesies makrozoobentos dari 15 famili. Indeks keanekaragaman pada masing-masing stasiun, yaitu pada stasiun I dengan H'= 1,63, pada stasiun II dengan H'= 2,08, dan pada stasiun III dengan H'= 1,70. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tingkat keanekaragaman spesies Makrozoobentos di perairan sungai Rainforest Lodges Kedah Kecamatan Blangjerango Kabupaten Gayo Lues tergolong sedang (kisaran 1,63-2,08) dan hasil pengukuran faktor fisika-kimia yang diperoleh berkisar antara 27º C-30º C, pH air diperoleh berkisar antara 7,5-8,9, kedalaman berkisar antara 1,2-1,4 m. Sedangkan untuk salinitas adalah 0‰-0,01‰.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK