//

PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurdiana - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
PHYSICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Metakognitif, Hasil Belajar Metakognitif adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam proses belajarnya baik yang diketahui maupun yang tidak diketahuinya. Metakognitif memiliki manfaat bagi siswa dalam mengontrol kegiatan belajar siswa sehingga siswa dapat meningkatkan kegiatan kognitifnya dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan metakognitif dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Fisika kelas XI IPA2 di SMA Laboratorium Unsyiah. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. (2) Mengetahui aktifitas guru dan siswa pada proses belajar mengajar. (3) Mengetahui keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 yang berjumlah 31 orang. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan metakognitif pada materi Teori Kinetik gas di SMA Laboratorium Unsyiah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan lembar pengamatan pengelolaaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan pendekatan metakognitif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Teori Kinetik Gas di SMA Laboratorium Unsyiah, (2) Aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan pendekatan metakognitif telah meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan dan pemahaman kognitifnya serta dapat bekerja sama dalam melakukan diskusi, dalam menyelesaikan lembar diskusi dan mempersentasikan hasil diskusi. (3) Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga terlihat peningkatan yaitu pada siklus I yaitu 2,73, dan siklus II yaitu 3,34. Jadi pada pembelajaran di masa yang akan datang dapat digunakan pendekatan metakognitif untuk materi yang sesuai.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH (Fatimah, 2015)

PENERAPAN PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 BUBON (Suniana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy