//

MORFOLOGI DAN SEBARAN KARBOHIDRAT PADA KELENJAR SALIVA BIAWAK AIR(VARANUS SALVATOR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfajri Saputra - Personal Name
SubjectANIMAL BREEDING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Hewan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui morfologi dan sebaran karbohidrat pada kelenjar saliva biawak air (Varanus salvator). Penelitian menggunakan tiga kelenjar saliva yang terdiri atas : kelenjar lingualis, sublingualis, dan mandibularis dari satu ekor biawak air jantan dewasa. Kelenjar saliva difiksasi dengan larutan paraformaldehide 4% secara perfusi dan immersi. Pengamatan morfologi anatomi dilakukan secara langsung terhadap letak, bentuk, pengukuran panjang dan berat kelenjar. Pengamatan struktur histologi dilakukan setelah pembuatan preparat histologi yang diwarnai dengan pewarnaan hematoksilin eosin (HE). Sebaran karbohidrat dideteksi dengan pewarnaan alcian blue (AB) pH 2,5 dan periodic acid Schiff (PAS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelenjar lingualis biawak tidak bisa diamati secara langsung karena terletak di bawah lapisan epitel lidah. Kelenjar sublingualis berada di ventrolateral lidah berjumlah sepasang. Kelenjar mandibularis berjumlah sepasang terdapat di ventral kelenjar sublingualis, diantara os mandibula kanan dan kiri. Berdasarkan karakteristik morfologi, kelenjar lingualis, sublingualis, dan mandibularis biawak air merupakan kelenjar tubuloasinar kompleks dengan tipe sel seromukus pada kelenjar lingualis dan sublingualis serta sel serous pada kelenjar mandibularis. Hasil kajian histokimia diketahui kelenjar lingualis dan sublingualis memperlihatkan reaksi positif terhadap pewarnaan AB pH 2,5 dan PAS dengan intensitas lemah (+) sampai kuat (+++) yang tersebar pada bagian sitoplasma sel, sedangkan pada bagian sekreta menunjukan reaksi negatif (-) sampai lemah (+). Bagian sitoplasma sel kelenjar mandibularis memperlihatkan reaksi negatif (-) terhadap pewarnaan AB pH 2,5 namun bereaksi positif terhadap PAS dengan intensitas lemah (+) sampai kuat (+++). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketiga kelenjar saliva merupakan kelenjar tubuloasinar kompleks dengan tipe sel seromukus pada kelenjar lingualis dan sublingualis dan tipe sel serous pada kelenjar mandibularis. Kelenjar lingualis dan sublingualis mengandung karbohidrat asam dan netral sedangkan kelenjar mandibularis hanya mengandung karbohidrat netral.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI DAN DISTRIBUSI KARBOHIDRAT PADA KELENJAR ASESORIS KELAMIN SAPI ACEH JANTAN (HERLINA YULIANI, 2016)

DESKRIPSI LOKASI BERSARANG DAN AKTIVITAS HARIAN BIAWAK AIR (VARANUS SALVATOR) DI SEKITAR DESA MIRUEK LAMREUDEUP, DESA LAMBARO SUKON DAN DESA LAMPEUDAYA, KECAMATAN DARUSSALAM DAN BAITUSSALAM (NURUL AZMI, 2018)

JUMLAH ERITROSIT, NILAI HEMATOKRIT, DAN KADAR HEMOGLOBIN BIAWAK AIR (VARANUS SALVATOR) YANG TELAH DIDOMESTIKASI DAN BIAWAK AIR LIAR (Mhd Arif Pratama Pjt, 2019)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA BIAWAK AIR (VARANUS SALVATOR) DI BANDA ACEH (Hoky Deora A, 2017)

SEBARAN KARBOHIDRAT PADA USUS BIAWAK AIR (VARANUS SALVATOR) (Zuchri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy