//

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN SIRIHRNMERAH (PIPER CROCATUM L. VAR RUBRUM) TERHADAPRNPERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS SECARARNIN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tatty Purnamawati - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
CANDIDIASIS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Hewan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui efek ekstrak etanol daun sirih merah (Piper crocatum L. var Rubrum) terhadap pertumbuhan Candida albicans. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh. Sampel yang digunakan adalah daun sirih merah yang diperoleh dari Desa Kademangan Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur dan isolat Candida albicans yang diisolasi dari tembolok ayam kampung. Penelitian ini dilakukan dengan dua perlakuan dan tiga kali ulangan, menggunakan ekstrak etanol daun sirih merah dengan konsentrasi 5% dan 10% dan Nystatin sebagai kontrol positif. Dengan Metode Kirby Bauer kertas cakram direndam dalam larutan ekstrak etanol daun sirih merah yang telah diencerkan dengan larutan CMC 1% selama 30 menit. Dengan menggunakan pinset steril, masing-masing kertas cakram diletakkan di media Mueller Hinton Agar (MHA) yang sudah diswab merata dengan biakan Candida albicans dengan jumlah jamur sesuai dengan standar Mac Farland 1 (±3x108/ml). Kemudian diinkubasikan ke dalam inkubator dengan temperatur 37˚C selama 24 jam. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan zona hambat pada konsentrasi 5% dan 10% dengan diameter 13,3 mm dan 16 mm. Dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol sirih merah (Piper crocatum L. var Rubrum) efektif dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (aulia iski, 2016)

PENGARUH DAUN ASAM JAWA (TAMARINDUS INDICA LINN) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (Cut Nyak Keumala , 2016)

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR CANDIDA ALBICANSRNSECARA IN VITRO (Hadid Iskandar Harahap, 2014)

UJI AKTIVITAS ANTIJAMUR EKSTRAK METANOL DAUN SIRIH HUTAN (PIPER NIGRESCENS BLUME) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (NURZAINURA, 2017)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL DAUN SUKUN (ARTOCARPUS ALTILIS [PARKINSON.] FOSBERG.) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR CANDIDA ALBICANS (AINUL ASRI FAUZI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy