//

ANALISIS KESENJANGAN GENDER DAN KETIMPANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maria Ulfa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISIS KESENJANGAN GENDER DAN KETIMPANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA Oleh : Maria Ulfa NIM : 1801201010017 Pembimbing: 1. Dr. Abd. Jamal, S.E., M.Si 2. Dr. Shabri Abd. Majid, S.E., M.Ec ABSTRAK Kesenjangan gender dan ketimpangan pendapatan merupakan dua permasalahan serius yang menghambat pembangunan berkelanjutan, terutama di Indonesia. Penelitian ini menganalisis pengaruh kesenjangan gender yang terjadi pada sektor pendidikan, partisipasi angkatan kerja, tingkat pengangguran dan upah terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia. Menggunakan fixed effect model dengan data panel dari tahun 2010 – 2018 yang meliputi 33 provinsi, penelitian ini membuktikan bahwa kesenjangan gender pada: pendidikan, Tingkat Pengangguran, dan upah memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ketimpangan pendapatan, namun berbeda dengan kesenjangan gender pada TPAK yang memberikan pengaruh secara negatif. Beberapa kebijakan yang dapat diterapkan untuk mengurangi ketimmpangan antar gender tersebut diantaranya. 1) Meningkatkan akses pendidikan perempuan; 2) Penentuan kuota perempuan pada setiap sektor lapangan usaha; 3) Penguatan kebijakan yang ramah terhadap ibu-ibu yang bekerja; dan 4) Mengimplementasikan Pasal 1 Undang-Undang No. 80 Tahun 1957. Kata kunci: Pengeluaran Perkapita, Fixed Effect Model, Kesenjangan Pendidikan, Kesenjangan Pengangguran, Kesenjangan upah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETIMPANGAN PENDAPATAN PROVINSI DI INDONESIA: ANALISIS DATA PANEL (RAUDHATIL WIRDA. Z, 2019)

PENGARUH INFRASTRUKTUR JALAN, MODAL MANUSIA DAN AKUMULASI INVESTASI SWASTA TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA (Isthafan Najmi, 2019)

DISTRIBUSI DAN KETIMPANGAN PENDAPATAN PETANI DI GAMPONG RIMA JEUNEU KECAMATAN PEUKAN BADA ACEH BESAR (Romi Zulyadi, 2016)

PEMBANGUNAN MANUSIA, KETIMPANGAN GENDER DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (USWATUN HASANAH, 2019)

ANALISIS PENGARUH AGGREGAT DEMAND DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI ACEH (Masri Fithrian, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy