//

PEMANFAATAN MEDIA VIDEO MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI DI SMP NEGERI 1 BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JUMIATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jumiati, 2020. Pemanfaatan Media Video Melalui Model Discovery Learning untuk Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Respirasi di SMP Negeri 1 Blangjerango Kabupaten Gayo Lues, Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala PSDKU Gayo Lues. Pembimbing : Dr. Hafnati Rahmatan, M. Si (2) Dr. Safrida, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Discovery Learning, Media Video, Hasil belajar. Peserta didik di SMP Negeri 1 Blangjerango bahwa selama ini dalam proses belajar mengajar biologi khususnya materi sistem respirasi masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu proses pembelajaran yang jarang menggunakan media pembelajaran untuk menjelaskan materi respirasi yang bersifat abstrak sehingga sulit dipahami dan hasil belajar tidak mencapai KKM. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pemanfaatan media video melalui model Discovery Learning pada materi sistem respirasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP Negeri 1 Blangjerango. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif, berjenis eksperimen dengan desain Pretest-postest control group design. Hasil analisis data diperoleh nilai t_(hitung )2.78 dan 〖 t〗_tabel 1.72. Nilai t_(hitung )>〖 t〗_tabel dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada pembelajaran materi sistem respirasi manusia akibat dari pemanfaatan media video melalui model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem respirasi di SMP Negeri 1 Blangjerango Kabupaten Gayo Lues.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DI SMP NEGERI 1 BLANGPEGAYON KABUPATEN GAYO LUES (Maisarah, 2019)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018)

“PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN KABUPATEN BIREUEN” (Putri Liana, 2018)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI, PIDIE (TIA ZULIANI, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy