//

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAGING BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI PSEUDOMONAS ERUGINOSA SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dhonny Adrian - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

Mahkota dewa digunakan masyarakat secara empiris untuk mengobati penyakit infeksi Pseudomonas aeruginosa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol daging buah Mahkota Dewa dalam menghambat pertumbuhan Pseudomonas aeruginosa secara In Vitro. Jenis penelitian adalah eksperimen laboratorium menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 kelompok perlakuan dan 2 kelompok kontrol sebanyak 5 kali pengulangan. Kelompok perlakuan terdiri dari ekstrak etanol daging buah Mahkota Dewa dengan konsestrasi 60%, 80% dan 100% sedangkan untuk kelompok kontrol digunakan larutan Carboxy Methyl Cellulose (CMC) 1%(kontrol negatif) dan antibiotik siprofloksasin (kontrol positif). Uji antibakteri dilakukan dengan metode difusi cakram. Data dianalis dengan metode Analisis of Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan terdapat zona hambat pada konsentrasi 60% (8,7 mm),80% (10,2 mm) 100% (11,3 mm) dan antibiotik siprofloksasin (26 mm). Dari hasil uji ANOVA dan BNT, tidak terdapat perbedaan yang nyata antara perlakuan 80% dengan 100% sedangkan untuk perlakuan lainnya terdapat perbedaan yang nyata antar masing-masing perlakuan. Dari hasil diatas disimpulkan bahwa ekstrak etanol daging buah mahkota dewa berpengaruh dalam menghambat pertumbuhan bakteri Pseudomonas aeruginosa dan semakin tinggi konsentrasi semakin besar pengaruh yang dihasilkan. Kata kunci: Mahkota dewa, Pseudomonas aeruginosa, antibakteri

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAGING BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI PSEUDOMONAS ERUGINOSA SECARA IN VITRO (Dhonny Adrian, 2014)

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN MAHKOTA DEWA(PHALERIA MACROCARPA (SCHEFF) BOERL) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (MUHAMMAD FAISAL ARIF HARAHAP, 2016)

PENGARUH EKSTRAK BUAH MAHKOTADEWA (PHALERIA MACROCARPA) TERHADAPPERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (DEASY FADHILLAH HASIBUAN, 2016)

AKTIVITAS ANTI HIPERGLIKEMIA EKSTRAK ETANOL DAGING BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA (SHEFF) BOERL.) PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) STRAIN WISTAR YANG DIINDUKSI ALLOKSAN (Putri Indini, 2016)

PENGARUH EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) (Cut Fajrina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy