PENGARUH PENGGUNAAN ABU SEKAM KULIT KOPI SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN LASTON (AC-WC) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PENGGUNAAN ABU SEKAM KULIT KOPI SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN LASTON (AC-WC)


Pengarang

FAHMI RAMADHANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1504001010154

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (D3) / PDDIKTI : 22401

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat yang memegang peranan sangat penting dalam sektor perhubungan, terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa. Durabilitas aspal beton dimaksudkan agar perkerasaan mempunyai daya tahan terhadap cuaca dan beban lalu lintas. Sifat dari Laston adalah kedap air, mempunyai nilai struktural, awet dan mempunyai kadar aspal 4% sampai dengan 7% terhadap berat campuran dan dapat digunakan untuk lalu lintas ringan, sedang sampai berat. Material yang digunakan pada penelitian ini yaitu agregat yang berasal dari PT. Lhoknga Beton. Bahan pengisi (filler) yang digunakan adalah Abu Sekam Kulit Kopi dan Cement Portland. Aspal yang digunakan yaitu penetrasi 60/70 yang tersedia di laboratorium Transportasi Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran Laston (AC-WC) dengan menggunakan Abu Sekam Kulit Kopi dan Cement Portland sebagai (filler). Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data yang mendukung proses penelitian, antara lain adalah data primer dan data sekunder, selanjutnya dilakukan pembuatan 5 benda uji variasi kadar aspal menggunakan (filler) Cement Portland untuk penentuan kadar aspal optimum (KAO) dan didapatkan hasil sebesar 5,0. Setelah mendapatkan KAO, kemudian dilakukan pembuatan benda uji dengan variasi dari filler yang telah ditentukan. Untuk nilai stabilitas terbaik diperoleh pada variasi 40% Cement Portland – 60% Abu Sekam Kulit Kopi yaitu sebesar 996,17 kg, sedangkan untuk stabilitas terendah pada variasi 60% Cement Portland dan – 40% Abu Sekam Kulit Kopi diperoleh hasil stabilitas yaitu sebesar 533,25 kg. Dari hasil penelitian menunjukkan penambahan persentase Cement Portland dan Abu Sekam Kulit Kopi pada campuran laston (AC-WC) mempengaruhi nilai parameter Marshall.

Kata kunci :Laston (AC-WC), Abu Sekam Kulit Kopi, Variasi Filler, Gradasi Baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK