PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 8 BANDA ACEH


Pengarang

SERINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101030027

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Serina. 2019.Penerapan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Nana Suraiya, S.Pd, M.Pd (2) Alfi Syahril FJ, S.Pd., M.Si

Kata kunci: Bahan Ajar, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Penelitian yang berjudul “Penerapan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pelajaran Ekonomi yang diterapkan di SMAN 8 Banda Aceh; (2) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperimental (eksperimen murni), model desain penelitian Posttest Only Control Design, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN 8 Banda Aceh, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 (kelas eksperimen) dan X IPS 2 (kelas kontrol). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi untuk mengetahui kelayakan bahan ajar dan lembar Post Test untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) total persentase dari validator 1 sebesar 96% kemudian pada validator 2 diperoleh skor sebesar 88% maka dari hasil validator 1 dan 2 rata rata persentase keseluruhan kelayakan bahan ajar sebesar 92% dengan kriteria penilaian bahan ajar dikategorikan “sangat layak”. (2) Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai t-hitung = 2,587 sedangkan t-tabel=2,021sehingga t-hitung 2,587>t-tabel 2,021 maka H0 ditolak dan diterima Ha maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar menggunakan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan peserta didik yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis Problem Based Learning di SMAN 8 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK