//

PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK GAMPONG (BUMG) DI DESA ALUE PEUSAJA KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jufri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jufri, 2019. “Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di Desa Alue Peusaja Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Amrusi, M. Si (2) Nana Suraiya S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Pengembangan, Ekonomi Masyarakat, BUMG, Desa Alue Peusaja Studi ini mengkaji tentang pengembangan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di Desa Alue Peusaja Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui upaya pengembangan ekonomi masyarakat melalui BUMG di Desa Alue Peusaja Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya dan kendala BUMG dalam pengembangan ekonomi masyarakat di Desa Alue Peusaja Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian kepala desa, apatarur desa, masyarakat dan pengurus BUMG Desa Alue Peusaja. Pengumpulan data dilakukan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pengembangan ekonomi masyarakat melalui BUMG di Desa Alue Peusaja Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya dilakukan melalui lima tahap yaitu pemberian pelatihan usaha dengan sosialisasi dari Dinas Peternakan Kabupaten Nagan Raya, mengadakan pemagangan dengan mengutus beberapa perwakilan nasabah untuk mengikuti magang yang diadakan baik di tingkat kecamatan, kabupaten bahkan provinsi, selanjutnya penyusunan propasal untuk mengetahui berapa jumlah dana yang perlu dikeluarkan untuk usaha pengembangan ekonomi masyarakat, pemberian modal usaha kepada masyarakat oleh pihak BUMG berbentuk hewan ternak berupa sapi yang seharga Rp. 8.000.000,00 dengan jumlah nasabah 64 orang maka jumlah modal secara keseluruhan mencapai Rp. 512.000.000,00 Modal ini dipergunakan untuk implementasi seluruh kegiatan usaha peternakan sapi mulai dari pelaksanaan pelatihan, pemagangan, pengajuan proposal, memberikan modal. Kendala BUMG dalam pengembangan ekonomi masyarakat di Desa Alue Peusaja Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya bersumber dari pihak nasabah dan pihak BUMG. Minimnya partisipasi nasabah dalam berbagai kegiatan pengelolaan ternak yang diadakan oleh pihak BUMG dan minimnya perhatian pihak BUMG dalam mengontrol berbagai upaya masayarakat memelihara sapi ternaknya, sehingga sebagian masyarakat kurang serius dalam memlihara hewan ternaknya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DI KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA (Fatisa Herlinda, 2014)

USAHA-USAHA PEMERINTAH GAMPONG DALAM PENGEMBANGAN BUMG DI GAMPONG LAMSITEH KABUPATEN ACEH BESAR (Radiyati, 2020)

PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMG DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Herlisma, 2018)

PERANAN BADAN USAHA MILIK GAMPONG (BUMG) DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DESA (SUATU PENELITIAN DI DESA PAYA LABA, KEC. KLUET TIMUR, KAB. ACEH SELATAN) (Farmadi, 2018)

MANFAAT DANA BADAN USAHA MILIK GAMPONG (BUMG) BAGI KELOMPOK USAHA (SUATU KAJIAN PADA KELOMPOK USAHA BINA BERSAMA DI DESA LADANG TUHA 1 KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (RAHMI SILVIA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy