GAMBARAN POLA MAKAN KARIOGENIK DAN NON KARIOGENIK TERHADAP NURSING BOTTLE CARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (STUDI KASUS DI TK KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

GAMBARAN POLA MAKAN KARIOGENIK DAN NON KARIOGENIK TERHADAP NURSING BOTTLE CARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (STUDI KASUS DI TK KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH)


Pengarang

AMALIA HIDAYANA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1613101010004

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Gigi / Pendidikan Dokter Gigi (S1) / PDDIKTI : 12201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Nama : Amalia Hidayana
Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi
Fakultas : Kedokteran Gigi
Judul : Gambaran Pola Makan Kariogenik dan Non Kariogenik Terhadap Nursing Bottle Caries Pada Anak Usia Prasekolah ( Studi Kasus di TK Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh)

Nursing Bottle Caries merupakan karies gigi yang terjadi karena konsumsi susu atau minuman yang mengandung gula melalui botol secara terus menerus baik pada siang maupun malam hari hingga anak tertidur dan ditandai dengan pola yang sangat khas yaitu terdapat karies pada empat gigi insisivus rahang atas tanpa adanya keterlibatan gigi insisivus mandibula yang terjadi pada anak usia prasekolah. Anak-anak cenderung menyukai makanan yang manis, serta memiliki kebiasaan makan diantara jam makan utama. Hal tersebut sangat berkaitan dengan pola makan anak. Pola makan anak dapat diamati dengan cara mengidentifikasi jenis makanan serta frekuensi makan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola makan kariogenik terhadap Nursing Bottle Caries pada anak usia prasekolah di TK Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 92 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik total Sampling sesuai kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran pola makan kariogenik pada anak di TK Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh dengan pola makan kariogenik tingkat perluasan NBC lebih tinggi dibandingkan pola makan non kariogenik.

Kata Kunci : Nursing Bottle Caries, Pola Makan, Makanan kariogenik dan non kariogenik , Anak usia prasekolah

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK