//

GAMBARAN POLA MAKAN KARIOGENIK DAN NON KARIOGENIK TERHADAP NURSING BOTTLE CARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (STUDI KASUS DI TK KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AMALIA HIDAYANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Amalia Hidayana Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Gambaran Pola Makan Kariogenik dan Non Kariogenik Terhadap Nursing Bottle Caries Pada Anak Usia Prasekolah ( Studi Kasus di TK Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh) Nursing Bottle Caries merupakan karies gigi yang terjadi karena konsumsi susu atau minuman yang mengandung gula melalui botol secara terus menerus baik pada siang maupun malam hari hingga anak tertidur dan ditandai dengan pola yang sangat khas yaitu terdapat karies pada empat gigi insisivus rahang atas tanpa adanya keterlibatan gigi insisivus mandibula yang terjadi pada anak usia prasekolah. Anak-anak cenderung menyukai makanan yang manis, serta memiliki kebiasaan makan diantara jam makan utama. Hal tersebut sangat berkaitan dengan pola makan anak. Pola makan anak dapat diamati dengan cara mengidentifikasi jenis makanan serta frekuensi makan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola makan kariogenik terhadap Nursing Bottle Caries pada anak usia prasekolah di TK Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 92 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik total Sampling sesuai kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran pola makan kariogenik pada anak di TK Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh dengan pola makan kariogenik tingkat perluasan NBC lebih tinggi dibandingkan pola makan non kariogenik. Kata Kunci : Nursing Bottle Caries, Pola Makan, Makanan kariogenik dan non kariogenik , Anak usia prasekolah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FREKUENSI EARLY CHILDHOOD CARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DAN FAKTOR RISIKO TERKAIT (STUDI PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN MEURAXA TAHUN 2018) (Hasnatul Hidayah, 2019)

GAMBARAN FREKUENSI KONSUMSI SUSU DENGAN NURSING BOTTLE CARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (STUDI KASUS DI TK KECAMATAN MEURAXA) (POEJA ASDINI, 2020)

GAMBARAN DURASI, FREKUENSI, DAN WAKTU KONSUMSI SUSU FORMULA DENGAN NURSING BOTTLE CARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (STUDI KASUS DI TK KHALIFAH ACEH 2 KOTA BANDA ACEH) (GHINA DARISA, 2019)

GAMBARAN PERILAKU ORANG TUA DAN ANAK TENTANG PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP NURSING BOTTLE CARIES ( STUDI KASUS DI TK KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH ) (KD. KATHERINA HASAN, 2020)

GAMBARAN MENGGOSOK GIGI DAN KONSUMSI MAKANAN KARIOGENIK PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS II DAN III DI SD NEGERI 54 YAYASAN TAHIJA BANDA ACEH TAHUN 2013 (RUHUL AFLAH, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy