//

IDENTIFIKASI STRUKTUR DIBAWAH PERMUKAAN KOTA JANTHO ACEH BESAR BERDASARKAN KECEPATAN GELOMBANG PRIMER (VP) BATUAN SEBAGAI PENDUKUNG PEKERJAAN GOETEKNIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hendra Mahyudi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang identifikasi struktur di bawah permukaan menggunakan metode seismik refraksi telah dilakukan di Kota Jantho Aceh Besar sebagai pendukung pekerjaan geoteknik di lokasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur di bawah permukaan Kota Jantho Aceh Besar berdasarkan kecepatan gelombang primer (VP). Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah seismograf Pasi dengan 24 geophone. Data yang diperoleh dari tahapan akusisi data berupa waktu perambatan gelombang seismik sebagai fungsi jarak. Data tersebut diolah menggunakan software ZoneST2D untuk memperoleh waktu tiba gelombang seismik dari sumber menuju geophone. Hasil pengolahan data tersebut kemudian diinterpretasikan menggunakan metode Hagiwara. Dari hasil interpretasi data diperoleh kecepatan gelombang primer (VP) pada batuan dan ketebalan lapisan batuan pada tiga lintasan yang terdapat di lokasi penelitian. Hasil interpretasi data pada Lintasan 1 diperoleh lapisan top soil pada kedalaman 0 – 6 meter dengan kecepatan perambatan gelombang seismik dari 0 – 0,8 km/s, lapisan clay pada kedalaman 2 – 19 meter dengan kecepatan perambatan gelombang seismik dari 1 – 1,8 km/s dan lapisan bedrock pada kedalaman > 17 meter dengan kecepatan perambatan gelombang seismik dari 2,4 – 2,8 km/s. Hasil interpretasi data pada Lintasan 2 diperoleh lapisan top soil pada kedalaman 0 – 7 meter dengan kecepatan perambatan gelombang seismik dari 0 – 0,8 km/s, lapisan clay pada kedalaman 2 – 18 meter dengan kecepatan perambatan gelombang seismik dari 1 – 1,8 km/s dan lapisan bedrock pada kedalaman > 17 meter dengan kecepatan perambatan gelombang seismik dari 2,4 – 2,8 km/s. Hasil interpretasi data pada Lintasan 3 diperoleh lapisan top soil pada kedalaman 0 – 7 meter dengan kecepatan perambatan gelombang seismik dari 0 – 0,8 km/s, lapisan clay pada kedalaman 2 – 18 meter dengan kecepatan perambatan gelombang seismik dari 1 – 1,8 km/s dan lapisan bedrock pada kedalaman > 16 meter dengan kecepatan perambatan gelombang seismik dari 2,4 – 2,8 km/s. Kata kunci: Kota Jantho Aceh Besar, metode seismik refraksi, kecepatan gelombang primer (VP), ZondST2D

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW) UNTUK IDENTIFIKASI LONGSOR DI PERUMAHAN PERSAHABATAN INDONESIA – TIONGKOK, NEUHEUN, ACEH BESAR (Sailul Rizki, 2018)

ANALISIS KECEPATAN PERAMBATAN GELOMBANG BIAS: STUDI KASUS DAERAH PERSAWAHAN DI DESA LAMGEU EU KECAMATAN PEUKAN BADA, ACEH BESAR (Herliyanto, 2015)

ANALISIS GELOMBANG GESER (GELOMBANG S) MENGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DI DESA DATA MAKMUR BLANG BINTANG ACEH BESAR (Sudirman, 2017)

APLIKASI METODE SEISMIK REFRAKSI UNTUK MENGIDENTIFIKASI POTENSI TANAH LONGSOR DI DESA NEUHEUN, ACEH BESAR STUDI KASUS: DI KAWASAN PERUMAHAN PERSAHABATAN INDONESIA-TIONGKOK (Zeffry Baron Alafanta, 2018)

IDENTIFIKASI KEBERADAAN SUNGAI PURBA (PALEO-CHANNEL) DI KAWASAN KRUENG BARONA JAYA, ACEH BESAR MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI (Yulita Wahyuni, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy