//

PERBANDINGAN STABILITAS EMOSI DAN RELIGIUSITAS SISWA-SISWI SMP PONDOK PESANTREN DENGAN SISWA-SISWI SMP UMUM DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRHAMNI RAHMATILLAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Stabilitas emosi adalah kemampuan seseorang dalam mengelola dan mengontrol emosinya dengan tidak menunjukkan reaksi emosi yang berlebihan ketika dihadapkan dengan suatu permasalahan. Salah satu faktor yang berperan dalam mempengaruhi stabilitas emosi seseorang adalah lingkungan sekolah, dikarenakan siswa lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah. Lingkungan sekolah dapat berupa lingkungan sekolah pondok pesantren yang lebih menekankan kepada penanaman nilai-nilai religiusitas dan lingkungan sekolah umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan stabilitas emosi dan religiusitas siswa-siswi SMP pondok pesantren dengan siswa-siswi SMP umum. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional dan jumlah sampel 100 responden dengan teknik simple random sampling. Hasil analisis penelitian dengan uji Mann-Whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara stabilitas emosi siswa-siswi SMP pondok pesantren dengan siswa-siswi SMP umum (p = 0,871). Hasil analisis perbedaan religiusitas dijumpai perbedaan yang signifikan antara religiusitas siswa-siswi SMP pondok pesantren dengan siswa-siswi SMP umum (p = 0,001). Kata kunci: stabilitas emosi, religiusitas, siswa-siswi SMP pondok pesantren, siswa-siswi SMP umum.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MINAT SISWA-SISWI SMP NEGERI 17 BANDA ACEH MELANJUTKAN KE SMK NEGERI 3 BANDA ACEH (Rahmadatul Aula, 2021)

PENGETAHUAN TENTANG PEMELIHARAAN PEMAKAIAN ALAT ORTODONTI CEKAT PADA SISWA-SISWI SMA NEGERI 4 KOTA BANDA ACEH (putri shamira, 2014)

HUBUNGA RINITIS ALERGI DENGAN DEPRESI PADA SISWA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANDA ACEH (ALYA NADIRA, 2021)

IDENTIFIKASI KEBUGARAN JASMANI BERAT BADAN IDEAL, BERAT BADAN KURANG DAN BERAT BADAN LEBIH SISWA-SISWI MTSS DARUL HIKMAH KAJHU KAB. ACEH BESAR TAHUN 2019 (ZULFIKAR NOVERDA, 2019)

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SANTRI PESANTREN MODERN DI KOTA BANDA ACEH (Cut Putri Novita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy