//

DINAMIKA MEMAAFKAN PADA REMAJA YANG ORANG TUANYA BERCERAI DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Silfana Amalia Nasri - Personal Name
SubjectADOLESCENT PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Memaafkan adalah upaya yang melibatkan pikiran, perasaan, dan tindakan tertentu oleh individu yang tersakiti untuk memutuskan tidak menghukum pihak yang telah berperilaku tidak menyenangkan baginya, mengurangi rasa dendam, benci, dan emosi-emosi negatif lainnya serta mengalami kelegaan emosi setelahnya. Memaafkan menjadi sangat penting bagi remaja yang orang tuanya bercerai untuk dapat terus mempertahankan hubungan baik dengan orang tuanya agar dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan anggota keluarga yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika memaafkan pada remaja yang orang tuanya bercerai di Kota Banda Aceh. Responden dalam penelitian ini berjumlah tiga orang remaja dengan karakteristik berdomisili di Banda Aceh, merupakan anak kandung dari orang tua yang bercerai, dan bersedia menceritakan pengalamannya terkait perceraian orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga responden memiliki dinamika memaafkan yang berbeda-beda. Dari tiga orang responden yang diwawancarai, hanya satu orang responden yang mampu memaafkan. Proses memaafkan sangat dipengaruhi oleh kualitas hubungan dengan pihak yang dianggap bersalah, serta pemaknaan dan penghayatan rasa sakit hati yang dirasakan oleh responden terhadap pihak yang dianggap bersalah dan juga terhadap peristiwa yang dialami responden. Kata Kunci : memaafkan, remaja, perceraian orang tua.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK PERCERAIAN TERHADAP PROSES AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI SEKOLAH (SUATU PENELITIAN PADA SEKOLAH LANJUTAN DI KECAMATAN SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA) (Umi Salamah, 2021)

PERBEDAAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA DENGAN ORANGTUA BERCERAI DI BANDA ACEH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Azzima Rahmil Izzati, 2020)

HUBUNGAN OPTIMISME DAN KESEJAHTERAAN PAIKOLOGIS PADA REMAJA YANG ORANG TUANYA BERCERAI (NURANITA, 2018)

MEKANISME PENYESUAIAN DIRI REMAJA KORBAN PERCERAIAN ORANG TUARN(STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA) (WAHDINI, 2014)

HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA REMAJA YANG ORANGTUANYA BERCERAI DI KOTA BANDA ACEH (Ayulanningsih, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy