PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Pengarang

RISA ARWINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103060032

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI, Hasil Belajar Materi Statistika
Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe di antaranya tipe Group Investigation (GI). Model pembelajaran Group Investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan kreativitas siswa, dimana siswa dilibatkan sejak perencanaan baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) diharapkan hasil belajar siswa dalam materi statistika mencapai ketuntasan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Materi Statistika di Kelas XI SMA N 1 Baitussalam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Baitussalam melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi statistika. Jenis penelitian ini Pre Exprimental dengan desain one-shot case study dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Baitussalam, sedangkan sampel diambil satu kelas yaitu XI IPA-1 yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang berbentuk essay sebanyak 5 soal. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak (uji pihak kiri) dan taraf signifikan 0,05. Dari hasil analisis data diperoleh t_hitung=0,12 dan t_tabel=1,71 sehingga diperoleh t_hitung> -t_tabel yaitu 0,12 > -1,71 maka H_0 diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi statistika di kelas XI SMA Negeri 1 Baitussalam sudah mencapai ketuntasan belajar pada tingkat KKM 70.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK