//

PERBEDAAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA DENGAN ORANGTUA BERCERAI DI BANDA ACEH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azzima Rahmil Izzati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perceraian orangtua membawa berbagai dampak bagi setiap anggota keluarga yaitu ayah, ibu, dan anak. Masa remaja tergolong dalam kategorisasi tugas perkembangan pada tahap identitas versus kekacauan identitas. Kesejahteraan psikologis dapat dibangun dengan cara meningkatkan emosi positif remaja terhadap kegiatan positif yang dilakukan. Emosi positif ini dapat diperoleh remaja melalui kemandirian dan berprestasi di bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kesejahteraan psikologis remaja dengan orangtua bercerai di Banda Aceh ditinjau dari jenis kelamin. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang remaja laki-laki dan 30 orang remaja perempuan yang berdomisili di Banda Aceh yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Psychological well-beingyang dikembangkan oleh Ryff (2013) dengan koefisien reliabilitas 0,911. Hasil analisa data menggunakan Kolmogorov-Smirnov menunjukkan nilai signifikansi pada remaja laki-laki sebesar p=0.087 dan pada remaja perempuan sebesar p=0,130 (p>0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa remaja perempuan lebih baik kesejahteraan psikologisnya daripada remaja laki-laki dan hal ini membuktikan adanya perbedaan kesejahteraan psikologis remaja dengan orangtua bercerai di Banda Aceh ditinjau dari jenis kelamin. Kata kunci:, Kesejahteraan Psikologis, remaja dari keluarga bercerai

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KEBAHAGIAAN PADA REMAJA KORBAN PERCERAIAN DI BANDA ACEH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Fathur Rahmi, 2015)

HUBUNGAN OPTIMISME DAN KESEJAHTERAAN PAIKOLOGIS PADA REMAJA YANG ORANG TUANYA BERCERAI (NURANITA, 2018)

INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA REMAJA YANG ORNGTUANYA BERCERAI (Cut Pramesywari R. Firmansyah, 2020)

STUDI KOMPARATIF TENTANG TINGKAT KEMANDIRIAN REMAJA SMA DI KOTA BANDA ACEH DITINJAU DARI KEUTUHAN KELUARGA (Zikry, 2017)

PERBEDAAN INTENSI PERILAKU PROSOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Saddam Jaya Keusuma, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy