//

ANALISIS PESAN MORAL DALAM KOMIK STRIP LUCUNYA HIDUP INI KARYA RIZAL FAHMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang VENNI ARVIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Venni Arviani. 2019. Analisis Pesan Moral dalam Komik Strip Lucunya Hidup Ini Karya Rizal Fahmi. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr. Mohd. Harun, M. Pd. dan (2) Dr. Siti Sarah Fitriani, M.A. Kata Kunci: pesan moral, komik, komik strip Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pesan moral dalam komik strip Lucunya Hidup Ini Karya Rizal Fahmi, serta mendeskripsikan bagaimana pesan moral tersebut disampaikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif mempunyai tujuan untuk mendapat suatu data secara terperinci dan mendalam, yakni suatu data yang mengandung makna. Makna yang dimaksud adalah wujud pesan moral di dalam komik strip. Sumber data dalam penelitian ini adalah komik strip Lucunya Hidup Ini karya Rizal Fahmi yang dapat diakses secara online menggunakan aplikasi line webtoon. Saat ini komik strip ini sudah berjumlah 344 episode, dan yang akan dijadikan sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah episode 1-150 yang mengandung pesan moral dalam komik strip Lucunya Hidup Ini karya Rizal Fahmi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik analisis isi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kajian tekstual. Mekanisme penelitian tekstual dapat menggunakan dua model pembacaan, yaitu teknik pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesan moral yang terdapat dalam komik strip Lucunya Hidup Ini karya Rizal Fahmi mencakup tiga hal, yakni (1) pesan moral hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi kejujuran, bertanggung jawab dan kerendahan hati; (2) hubungan manusia dengan manusia lain meliputi kekeluargaan, kerukunan, tolong-menolong, menghargai dan menghormati, dan dermawan; dan (3) hubungan manusia dengan Tuhan meliputi ketakwaan, berbaik sangka dan bersyukur. Sebagian pesan moral dalam komik strip ini disampaikan secara langsung. Namun, penyampaian secara tidak langsung yang lebih cenderung ditemukan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REPRESENTASI KRITIK SOSIAL DALAM KOMIK STRIP SI JUKI DI INSTAGRAM TERHADAP FENOMENA SOSIAL DI INDONESIA (Muhammad Mufti, 2018)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK STRIP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN 2019 (CUT ALVIANA, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PITURE AND PITURE MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK-STRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (Muhammad Mirza, 2017)

ANALISIS PESAN MORAL DALAM CERITA RAKYAT KLUET DI KABUPATEN ACEH SELATAN (MEMORI GUSTI RAHAYU, 2018)

ANALISIS PESAN MORAL BERDASARKAN STRATIFIKASI SOSIAL TOKOH DALAM NOVEL-NOVEL KARYA ARAFAT NUR (ZAHRA NURUL LIZA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy