//

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI KOGNITIF PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DI RSUDZA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FARAH KAMILA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Stroke adalah sindrom klinis yang ditandai dengan adanya defisit neurologis serebral baik fokal ataupun global yang berkembang secara cepat dan menjadi penyebab utama disabilitas, serta gangguan fungsi kognitif. Gangguan kognitif merupakan efek samping yang sering terlihat pada pasien stroke. Salah satu penyebab terganggunya fungsi kognitif adalah gangguan kualitas tidur. Gangguan tidur yang biasanya dikaitkan dengan penurunan pada fase tidur NREM dan REM telah diketahui mampu menurunkan fungsi kognitif seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dengan fungsi kognitif pasien pasca stroke iskemik di RSUDZA. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling dengan jumlah sampel 72 pasien. Penelitian ini melakukan pengambilan data pada bulan Oktober-November 2019 di Poliklinik Saraf Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara mengenai kualitas tidur menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dan melakukan penilaian fungsi kognitif menggunakan Montreal Cognitive Assessment versi Indonesia (MoCA-Ina). Analisis statistik yang digunakan adalah uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 50 pasien (69.4%) memiliki kualitas tidur buruk dan 22 pasien (30.6%) memiliki kualitas tidur baik. Berdasarkan fungsi kognitif, terdapat 56 pasien (77.8%) dengan gangguan fungsi kognitif dan 16 pasien (22.2%) dengan fungsi kognitif normal. Hasil analisis statistik pada penelitian ini menunjukkan p value 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kualitas tidur dengan fungsi kognitif pasien pasca stroke iskemik di RSUDZA. Kata Kunci: Stroke Iskemik, Kualitas Tidur, Fungsi Kognitif

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Tiwi Qira Amalia, 2015)

PERBEDAAN DERAJAT INSOMNIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN STATUS KOGNITIF PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DAN STROKE HEMORAGIK (Ivana Maulidia, 2015)

HUBUNGAN ANTARA ATEROSKLEROSIS ARTERI SEREBRI MEDIA DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA STROKE ISKEMIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Intan Maulinar, 2016)

HUBUNGAN KADAR GULA DARAH DENGAN FUNGSI KOGNITIF PASIEN STROKE ISKEMIK DIUKUR DENGAN MONTREAL COGNITIVE ASSESSMENT VERSI INDONESIA (Weni Desmila, 2018)

HUBUNGAN LOKASI DAN LUAS LESI DENGAN NILAI MINI MENTAL STATE EXAMINATION PADA PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DI BANDA ACEH (Putri Rahmasari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy