//

PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP TINGKAT PERCERAIAN DI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AFZAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Faktor sosial ekonomi merupakan salah satu hal yang selalu menjadi tolak ukur dalam kehidupan rumah tangga. Sehingga muncul anggapan bahwa ketidakharmonisan dalam rumah tangga kerapkali disebabkan oleh masalah ekonomi. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus perceraian yang muaranya berasal dari masalah ekonomi. Salah satunya adalah perkara perceraian yang terdaftar di Mahkamah Syar’iyah Provinsi Aceh. Dalam penelitian ini yang akan dikaji yaitu tentang pengaruh faktor sosial ekonomi terhadap perceraian di Provinsi Aceh dengan variabel yang digunakan ialah Pendidikan, Usia Nikah Pertama, Anak, Kasus Ekonomi, Kasus Perselisihan Terus Menerus dan Kasus KDRT. Data dalam penelitian ini diperoleh dari dua sumber yaitu BPS Aceh dan Mahkamah syar’iyah Aceh dan dianalisis dengan metode Deskriptif Kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perselisihan terus menerus merupakan faktor utama yang menyebabkan perceraian di Provinsi Aceh pada Tahun 2017 diikuti oleh faktor ekonomi dan KDRT. Tingkat pendidikan individu memperlihatkan kecenderungan yang signifikan dalam mempengaruhi perceraian, usia nikah pertama juga berpengaruh namun untuk variabel anak pengaruhnya tidak terlalu signifikan. Kata kunci: Perceraian, Mahkamah Syar’iyah, Sosial Ekonomi 

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR PENYEBAB MENINGKATNYA KASUS PERCERAIAN DI KABUPATEN PIDIE (STUDI KASUS DI KOTA SIGLI) (Cut Novi Maulanadewi, 2018)

PENGARUH TINGKAT SOSIAL EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI RUMAH (iklily, 2014)

INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA REMAJA YANG ORNGTUANYA BERCERAI (Cut Pramesywari R. Firmansyah, 2020)

ANALISIS TERHADAP FENOMENA PERCERAIAN DALAM KELUARGA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS PADA KECAMATAN DARUL IMARAH) (Miftakhul Munir, 2015)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR SOSIAL-EKONOMI YANG MEMPENGARUHI TINGKAT INKLUSI KEUANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (STUDI KASUS PADA PERBANKAN SYARI'AH) (RAFIQA ROSMA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy