//

PENGEMBANGAN PROSES PRODUKSI MINYAK PALA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (STUDI KASUS: IKM MINYAK PALA KABUPATEN ACEH SELATAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIA DARMA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penerapan proses bisnis dalam perusahan bertujuan untuk mendukung elektabilitas perusahaan dalam memperkuat internal dan external kompetensi. Pada penelitian tesis ini dilakukan analisis proses bisnis IKM minyak pala di UD. Permata Bunda Kabupaten Aceh Selatan dengan pendekatan Business Process Improvement (BPI). Aktifitas yang dikaji adalah proses bisnis pra penyulingan, penyulingan dan pasca penyulingan minyak pala berdasarkan aspek ekonomis, tenaga kerja dan teknologi yang digunakan. Analisis proses bisnis dilakukan terhadap 3 fase BPI yaitu organizing for improvement, understanding the process, dan streamlining. Pengukuran efisiensi proses bisnis usulan (to be model) dilakukan dengan pendekatan Devil’s Quadrangle. Dari dimensi biaya, hasil penelitian ini menyatakan fixed cost mengalami peningkatan sebesar 48,33 % hal ini diakibatkan pengusulan penerapan teknologi baru yang membutuhkan investasi pada peralatan, namun pada variable cost adanya penurunan biaya produksi sebesar 47,64%. Dari segi waktu mengalami penghematan waktu produksi sebesar 33.33%, hal tersebut didukung dengan usulan penggunaan bahan bakar konvensional (kayu bakar) disubsitusikan dengan teknologi sistem hybrid. Disamping itu, hasil penelitian memberikan suatu bentuk usulan penerapan proses bisnis yang dapat dijadikan konsep usulan proses produksi IKM minyak pala di Kabupaten Aceh Selatan. Kata kunci: IKM minyak pala, proses bisnis, Business Process Improvement (BPI), Devil’s Quadrangle.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PUSAT PENGOLAHAN PALA DI TAPAKTUAN (Lukky Hendriansyah, 2018)

ANALISIS TINGKAT RENTABILITAS HASIL MINYAK PALA PADA USAHA H. IBRAHIM DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Murtadha, 2020)

TAMAN WISATA PALA DI ACEH SELATAN (Ega Puspita Dewi, 2017)

STUDI ETNOBOTANI PALA DI KABUPATEN ACEH SELATAN (cut windasari, 2014)

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL INDUSTRI PENYULINGAN MINYAK PALA KABUPATEN ACEH SELATAN (HESTI RAHMASARI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy