//

KORELASI JENIS STRATEGI KOPING DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NADHILA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Stres merupakan emosi yang dirasakan seseorang ketika menghadapi ancaman atau tekanan yang dirasa melebihi kemampuan individu. Ketika berhadapan dengan berbagai tekanan tersebut, individu akan menilai kemampuan mereka sendiri termasuk strategi koping dalam merespon kondisi tersebut. Strategi koping adalah berbagai bentuk tindakan atau pemikiran yang dilakukan seseorang baik secara sadar maupun tidak sadar dalam menghadapi stres. Pengelompokan jenis strategi koping yang digunakan pada penelitian ini adalah approach, avoidance, dan social support. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jenis strategi koping dengan tingkat stres pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian cross sectional yang dilakukan di seluruh fakultas Universitas Syiah Kuala. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 153 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Skala Strategi Koping Akademik untuk menilai jenis strategi koping yang digunakan dan kuesioner Skala Stres Akademik untuk menilai tingkat stres mahasiswa. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan analisis univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa Universitas Syiah Kuala mengalami stres sedang yaitu sebanyak 106 mahasiswa (69,3%) dan mayoritas menggunakan strategi koping jenis approach yaitu sebanyak 73 mahasiswa (47,7%). Hasil analisis dengan menggunakan uji chi-square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara strategi koping approach dengan tingkat stres (p value= 0,236), tidak ada hubungan antara strategi koping avoidance dengan tingkat stres (p value= 0,768), tidak ada hubungan antara strategi koping social support dengan tingkat stres pada mahasiswa (p value= 0,097), dan tidak ada hubungan antara strategi koping dengan tingkat stres pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala (p value= 0,285). Kata Kunci: Stres, strategi koping, approach, social support, dan avoidance

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAHMATUR RAUDHA, 2016)

SELF-EFFICACY, STRATEGI KOPING, DAN STRES PADA MAHASISWA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI UNIVERSITAS NEGERI DI BANDA ACEH (EVY MAULYA, 2017)

HUBUNGAN SKOR KOPING RELIGIUS TERHADAP TINGKAT STRES MENJELANG UKMPPD PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (AHMAD ZAKY MUZHAFFAR, 2021)

GAMBARAN STRES DAN STRATEGI KOPING PADA PASIEN YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Putri Vera Febrina, 2013)

HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL DISTRESS DENGAN STRATEGI KOPING PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (NADA SALSABILA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy