//

PENAMBAHAN ZAT ANTIMIKROBIAL KE DALAM BIOPLASTIK BERBAHAN BAKU JANENG (DIOSCOREA HISPIDA DENNTS) SEBAGAI BAHAN PENGEMAS MAKANAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Produk makanan rentan terhadap pembusukan selama penyimpanan yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Untuk mencegah pembusukan dan kerusakan pada produk makanan adalah meningkatkan metoda pengemasan dan pelapisan produk makanan. Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi bioplastik dari pati janeng termodifikasi minyak atsiri sebagai packaging makanan yang memiliki sifat fisik yang baik dan aktivitas antimikroba. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan yang cukup baik dalam memproduksi edible film yang dilapisi minyak atsiri. Karakteristik spektra infra merah menunjukkan adanya gugus-gugus khusus pembentuk partikel patiyang signifikan yaitu gugus –OH, C-H dan C-O. Morfologi permukaan edible film yang terekam SEM belum merata dan terdapat beberapa lekukan dan gumpalan. Edible film menunjukkan sifat yang lebih amorf diamati pada pola difraksi. Edible film memiliki aktivitas antimikroba dengan penambahan konsentrasi minyak atsiri ke dalam edible film, maka semakin besar aktivitas antimikrobanya. Kata kunci : Produk makanan, bioplastik, packaging, edible film, minyak atsiri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN BIOPLASTIK KOMPOSIT DARI PATI UMBI JANENG - KHITOSAN DENGAN PEMLASTIS MINYAK SAWIT DAN GLISEROL (Narlis Juandi, 2017)

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG JANENG (DIOSCOREA HISPIDA DENNST) DALAM PEMBUATAN KUE ADEE (LISA KHAIRINA, 2020)

INVENTARISASI DAN STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN GADUNG (DIOSCOREA SPP.) DI KABUPATEN ACEH UTARA (Hanny Herzegovina, 2015)

ISTUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN GADUNG (DIOSCOREA SPP.) PADA MASYARAKAT LOKAL SEKITAR HUTAN DI KABUPATEN ACEH SELATAN (Tia Russita, 2020)

PEMBUATAN PLASTI BIODEGRADABEL DARI PATI JAGUNG SEBAGAI ACTIVE PACKAGING BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN (Gifari Jakawali, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy