//

EFEK EKSTRAK KULIT PISANG KEPOK TERHADAP JUMLAH SEL BASOFILIK HIPOFISA DAN KONSENTRASI FOLLICLE STIMULATING HORMONE (FSH) PADA TIKUS (RATTUS NORVEGICUS) YANG DIBERI PAKAN TINGGI LEMAK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NORA USRINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengolahan pisang kepok meninggalkan kulit pisang yang merupakan limbah organik yang mempunyai kandungan yang masih dapat dimanfaatkan. Kulit pisang kepok mengandung senyawa bioaktif yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mengurangi efek radikal bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian ekstrak kulit pisang kepok terhadap peningkatan jumlah sel basofilik hipofisa dan konsentrasi FSH pada tikus yang diberi pakan tinggi lemak. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 kali ulangan terdiri dari K1 (pakan standar), K2 (pakan tinggi lemak), K3 (vitamin C 100 mg/kg BB), K4 (ekstrak kulit pisang kepok dengan dosis 100mg/kg BB) dan K5 (ekstrak kulit pisang kepok dengan dosis 200mg/kg BB). Sebagai hewan coba digunakan tikus putih yang diberi pakan lemak tinggi lemak selama 60 hari. Ekstrak kulit pisang kepok diberikan pada pagi hari dengan dosis 100 mg/kg BB dan 200 mg/kg BB. Pada hari ke-61 dilakukan koleksi serum darah dan jaringan hipofisa untuk melihat konsentrasi FSH serum dan jumlah sel basofilik pada hipofisa. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analysis of variance (anova) yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah sel basofil pada perlakuan K4 tidak berbeda nyata (P>0,05) dengan perlakuan K1 dan K2, tetapi berbeda nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK KULIT PISANG KEPOK TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI HORMON TESTOSTERON DAN GAMBARAN HISTOLOGI TESTIS TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) YANG DIBERI PAKAN TINGGI LEMAK (BAIDILLAH ZULKIFLI, 2020)

STUDI IMUNOHISTOKIMIA DISTRIBUSI SEL-SEL IMUNOREAKTIF FOLLICLE STIMULATING HORMONE (IR-FSH) PADA KELENJAR HIPOFISA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Patrick Flaggellata, 2016)

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK KULIT PISANG KEPOK (MUSA ACUMINATA) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DAN SEL BETA PANKREAS PADA TIKUS PUTIH YANG DIINDUKSI DIET TINGGI LEMAK (SITI PRAWITASARI BR. HASIBUAN, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM) TERHADAP KADAR TESTOSTERON SERUM TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS)YANG DIBERI PAKAN TINGGI LEMAK (rovindo edi viktor, 2015)

PENGARUH EKSTRAK TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULANTUM) TERHADAP KONSENTRASI SPERMATOZOA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) YANG DIBERI PAKAN TINGGI KOLESTEROL (Fadli syah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy