//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WEB LOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zakia Firnanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Firnanda. Zakia 2019. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Web Log untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negari 1 Bandar Baru, Skripsi, Jurusan Pendidikan Geogrrafi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Hasmunir, M.Si (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si Kata Kunci : penerapan, project based learning, web log, hasil belajar, geografi Model pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran yang mana dalam pembelajaran guru memberikan tugas proyek yang diselesaikan sediri oleh siswa dalam kelompok untuk dipresentasikan di depan kelas produk yang dihasilkan. Guru hanya mengawasi setiap kelompok dalam melaksanakan tugas proyek yang diberikan. Web Log adalah jenis situs web yang dikembangkan data dikelola oleh individu menggunakan software atau bentuk web yang menyerupai tulisan yang dimuat pada sebuah halaman web umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dan respon siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Web Log. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Bandar Baru Pidie Jaya yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pre-test dan post-test, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 42% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II dan 92% pada siklus III. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 40% menjadi 70% pada siklus II dan 90% pada siklus III. Jumlah aktivitas guru dan siswa meningkat dari 5 aktivitas sesuai pada siklus I menjadi 8 aktivitas sesuai pada siklus II dan 11 aktivitas sesuai pada siklus III. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari skor 1,6 dengan kategori kurang baik pada siklus I menjadi 2,5 dengan kategori sedang pada siklus II dan 2,9 dengan kategori baik pada siklus III. Pada umumnya siswa menyatakan setuju penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Web Log sangat menyenangkan dan membantu siswa dalam belajar dan memahmi materi pelajaran. Berdasarkan hasil belajar siklus I, II, dan III maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berbantuan Web Log dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (SHIDQI ISKANDAR, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMAN 2 BANDA ACEH (M FADHLURRAHMAN, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Fahrina, 2018)

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 11 BANDA ACEH (Aulia Nur, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL (Irawita, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy