//

KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AMRIAN BAHTERA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kebijakan pengelolaan sampah berdasarkan Qanun Kabupaten Aceh Tengah No. 1 tahun 2018 tentang pengelolaan sampah. Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah memiliki Kebijakan dan Strategi Daerah (JAKSTRADA) dalam pengelolaan sampah, namun dalam pelaksanaanya Pemerintah Aceh Tengah masih tidak optimal karena adanya hambatan-hambatan sehingga masyarakat menjadi terganggu kenyamanan, kesehatan dan kerusakan lingkungan terus terjadi akibat timbunan sampah. Penelitian bertujan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Aceh Tengah serta mengetahui dan mejelaskan hambatan-hambatan pemerintah dalam pengelolaan sampah. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan landasan teori kebijakan dan pengelolaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian di lapangan. Penelitian di lapangan dilakukan melalui wawancara dengan informan dan juga dari dokumen-dokumen penting dari kantor dinas terkait. Hasil penelitian menunjukkan i) implementasi kebijakan pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam pengelolaan sampah masih tidak optimal ii) hambatan-hambatan pemerintah dalam pengelolaan sampah dipengaruhi oleh penerapan Qanun yang belum menyeluruh, kurangnya sumber daya manusia, sarana-prasarana dan paradigma masyarakat yang kurang partisipasi. Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah diharapkan dapat mengimplementasikan kebijakan pengelolaan sampah sesuai dengan Qanun No 1 tahun 2018 dan konsep kebijakan pengelolaan sampah berkelanjutan serta dapat meminimalisir hambatan-hambatan dalam implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Aceh Tengah. Sehingga nantinya tidak terjadi lagi pengelolaan sampah yang buruk dan membuat masyarakat menjadi lebih nyaman. Kata Kunci: Kebijakan, Pengelolaan sampah, Aceh Tengah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH BESAR TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH (Muji Bussalim, 2017)

IMPLEMENTASI QANUN NOMOR 1 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA BANDA ACEH (NENNY YUSTIKA, 2019)

PENGARUH STATUS EKONOMI TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG GEUCE INEUM KOTA BANDA ACEH (DELSAN MAULANA, 2019)

TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH (TEUKU M HAFIZH, 2018)

PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR DESA MUYANG KUTE MANGKU KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH PROVINSI ACEH (T. Syarif Hidayatullah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy