//

ANALISIS GEOMETRI PELEDAKAN BATUAN ANDESIT TERHADAP UKURAN FRAGMENTASI 60 CM GUNA MEMENUHI TARGET PRODUKSI CRUSHER DI BUKIT TAPUAN PT. BUKIT ASAM TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INDAH ARISKA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Peledakan adalah satu tahapan dalam penambangan mineral untuk mengekstraksi batuan dari batuan induk sehingga memudahkan proses penggalian dan pemuatan. PT Bukit Asam Tbk adalah salah satu perusahaan pertambangan yang melakukan kegiatan peledakan untuk mengekstraksi batuan andesit di lokasi Bukit Tapuan. Penggalian dan pemuatan batu tersebut dilakukan dengan excavator Komatsu PC 200 yang kapasitas bucket-nya 1 m 3 dan pengangkutan dilakukan dengan truk Hino yang kapasitasnya 12 ton. Proses peremukan batu andesit menggunakan jaw crusher (Shanghai Jianshe Liquid). Berdasarkan ukuran umpan crusher untuk material yang bisa diproses maksimal 60 cm. Untuk mencapai target produksi unit crusher, akan optimal jika hasil fragmentasi dari peledakan lebih kecil dari 60 cm dengan persentase lolos 90%. Metode Image Analysis adalah satu metode untuk menghitung distribusi fragmentasi batuan yang dihasilkan dari peledakan berdasarkan foto muckpile peledakan. Software wipfrag menunjukkan bahwa fragmentasi hasil peledakan kurang optimal karena persentase fragmentasi peledakan batuan lebih kecil dari 60 cm hanya mencapai 68,97%. Redesign geometri peledakan adalah solusi untuk meningkatkan fragmentasi batuan hasil peledakan. Perhitungan desain geometri yang diusulkan menggunakan metode Ash, Konya dan ICI-Explosive. Prediksi fragmentasi hasil peledakan dari geometri yang diusulkan menggunakan model Kuz-Ram. Geometri peledakan Ash, Konya dan ICI-Explosive menghasilkan ukuran fragmentasi lebih kecil dari 60 cm dengan persentase lolos masing-masing 92,73%, 97,61% dan 94,84%. Kata kunci: crusher, fragmentasi, Metode Image Analysis, redesign geometri

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REDESIGN GEOMETRI PELEDAKAN PADA BATUAN ANDESIT UNTUK MENGOPTIMALKAN FRAGMENTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP BIAYA OPERASIONAL PELEDAKAN DI LOKASI TOWNSITE BASECAMP (TSBC) PT BUKIT ASAM TBK (Yudi Sandy Pratama, 2018)

PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE BOTTOM AIR DECK TERHADAP FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN, POWDER FACTOR DAN GROUND VIBRATION DI PIT 2 BANKO BARAT PT. BUKIT ASAM, TBK (Syafdarul Achyar, 2019)

EVALUASI DESAIN PELEDAKAN JENJANG UNTUK MENDAPATKAN FRAGMENTASI DAN BIAYA YANG OPTIMAL DENGAN TEKNIK DIGITAL IMAGE PROCESSING DAN KUZ-RAM MODEL (Titah Yaumil Rizki, 2017)

ANALISIS FRAGMENTASI BATUAN ANDESIT HASIL PELEDAKAN TERHADAP DIGGING TIME EXCAVATOR GUNA MENYESUAIKAN UKURAN OPTIMUM BUCKET EXCAVATOR KOMATSU PC-200 DI QUARRY BUKIT TAPUAN PT BUKIT ASAM TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (RICA LUCYA FANINTA, 2019)

EVALUASI GEOMETRI PELEDAKAN PADA BATU GAMPING UNTUK MENGOPTIMALKAN FRAGMENTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP DIGGING TIME DI FRONT EXISTING PT. SEMEN PADANG (PERSERO) TBK (Anisyah Alquran Ni, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy