//

PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP PENGELUARAN RUMAH TANGGA PEKERJA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN INDRA MAKMU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang mariati - Personal Name
SubjectCONSUMPTION
INCOME - ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bidang Ilmu: Ekonomi Makro Kata Kunci: Pendapatan dan Pengeluaran Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pendapatan Terhadap Pengeluaran Rumah Tangga Pekerja Perkebunan Kelapa Sawit Di Kecamatan Indra Makmu”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan rata-rata yang diperoleh pekerja perkebunan kelapa sawit di kecamatan Indra Makmu. Untuk mengetahui pengeluaran rata-rata perbulan rumah tangga pekerja perkebunan kelapa sawit di kecamatan Indra Makmu. Untuk mengetahui pengaruh pendapatan terhadap pengeluaran rumah tangga pekerja perkebunan kelapa sawit di kecamatan Indra Makmu. Populasi penelitian ini adalah seluruh pekerja perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Indra Makmu, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pekerja perkebunan kelapa sawit yang berdomisili di Kecamatan Indra Makmu. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin yaitu berjumlah 77 responden. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran angket. Untuk pengolahan data digunakan analisis regresi linear sederhana. Untuk menguji hipotesis digunakan tes statistik uji t dengan tingkat signifikansi (α) sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata yang diperoleh pekerja perkebunan kelapa sawit di kecamatan Indra Makmu sebesar 2.086.428. Untuk pengeluaran rata-rata perbulan rumah tangga pekerja perkebunan kelapa sawit di kecamatan Indra Makmu sebesar 1.809.090. Selanjutnya hasil analisis dan pengolahan data menunjukkan ada pengaruh signifikan antara variabel bebas Pendapatan (X) dengan variabel terikat pengeluaran rumah tangga pekerja perkebunan kelapa sawit (Y) di Kecamatan Indra Makmu, ditunjukkan dengan persamaan regresi linear sederhanaY=9,003644+0,129860(X) dan keeratan hubungan diperoleh nilai r sebesar 0,813879, dan nilai r2 diperoleh sebesar 0,662398, hal ini penelitian berhasil dimana thitung 12,2113 ≥ ttabel 1,9913 yang berarti ada pengaruh yang signifikan variabel bebas yang terdiri dari variabel pendapatan (X) berpengaruh terhadap pengeluaran rumah tangga pekerja perkebunan kelapa sawit (Y) di Kecamatan Indra Makmu secara parsial (uji-t). Hipotesis penelitian diterima(terbukti).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PANEN DI PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. PARASAWITARNKABUPATEN ACEH TAMIANG (Rachmat Al Amami N, 2014)

ANALISIS PERMINTAAN KONSUMSI BERAS OLEH RUMAH TANGGA DI KOTA SABANG (SINTA BELIA, 2018)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA BERDASARKAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN DAN KONSUMSI ENERGI (STUDI KASUS PADA RUMAH TANGGA PETANI PESERTA PROGRAM DESA MANDIRI PANGAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR) (KEUMALA FADHIELA, 2015)

ANALISIS SOSIAL EKONOMI BURUH PANEN KELAPA SAWIT PADA PT NAFASINDO KABUPATEN ACEH SINGKIL (susiani, 2014)

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI KARET DENGAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN INDRA MAKMUR KABUPATEN ACEH TIMUR (Safwan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy