//

KORELASI INDEKS MORFOLOGI SASSONE DENGAN PENANDA TUMOR CA 125 DALAM MEMPREDIKSI KANKER OVARIUM EPITELIAL TIPE SEROSUM DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dr. Rachmad - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kanker ovarium merupakan kanker dengan angka kejadian yang tinggi dari keseluruhan kanker ginekologi. Insiden kanker ovarium meningkat setiap tahun, termasuk di Indonesia. Indeks morfologi Sassone adalah suatu skoring untuk menilai keganasan pada ovarium. CA 125 adalah suatu tumor marker untuk kanker ovarium epitelial tipe serosum, walaupun nilainya dapat meningkat pada keadaan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah korelasi antara indeks morfologi Sassone dan penanda tumor CA 125 dalam memprediksi kanker ovarium epitelial tipe serosum. Jenis penelitian ini adalah analisis korelasi dan uji diagnostik dengan menggunakan rancangan cross sectional. Hasil penelitian didapatkan 30 sampel penderita tumor ovarium suspek ganas. Dilakukan analisis dengan uji Mann-Whitney, didapatkan tidak terdapat hubungan antara indeks morfologi Sassone terhadap kanker ovarium epitelial tipe serosum (p-value 0,627) dan tidak terdapat hubungan antara penanda tumor CA 125 terhadap kanker ovarium epitelial tipe serosum (p-value 0,251). Kemudian dilakukan uji diagnostik dimana didapatkan nilai sensitivitas, spesifisitas dari indeks morfologi Sassone pada kanker ovarium epitelial tipe serosum adalah 60% dan 28%. Sedangkan nilai sensitivitas dan spesifisitas penada tumor CA 125 pada kanker ovarium epitelial tipe serosum pada penelitian ini didapatkan 80% dan 40%. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara indeks morfologi Sassone dan penanda tumor CA 125 dalam memprediksi kanker ovarium epitelial tipe serosum. Kata kunci: indeks morfologi Sassone, penanda tumor CA 125, kanker ovarium epitelial tipe serosum.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN KADAR CA-125 PADA PENDERITA KANKER OVARIUM EPITELIAL TIPE SEROSUM PASCA PEMBERIAN ADJUVANT KEMOTERAPI (dr. Kumalasari, 2021)

HUBUNGAN SERUM ALBUMIN PRE-KEMOTERAPI DENGAN KEJADIAN KEKAMBUHAN PASIEN KANKER OVARIUM EPITELIAL (Rizka Aditya, 2019)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO DAN TATALAKSANA KANKER SERVIKS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE 2017-2018 (PUTRI YOZA KESUMA, 2019)

HUBUNGAN RISIKO USIA MENARCHE DINI DENGAN KEJADIAN KANKER OVARIUM JENIS EPITELIAL PADA PASIEN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Izza Tunisa, 2016)

PENGARUH EMOSIONAL PEKERJA TERHADAP KINERJA; PENYAMPAIAN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (YUNI ANANDA ZULFIDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy