//

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INFOGRAFIS PADA MATERI PERGERAKAN NASIONAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROSNIDAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rosnidar, 2019, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah Infografis Pada Materi Pergerakan Nasional Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Skripsi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Drs. Zulfan, M.Hum. (2) Nurasiah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Minat Belajar, Media Infografis Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah Infografis Pada Materi Pergerakan Nasional Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Latar Belakang Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah, dikarenakan tidak adanya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi yang menumbuhkan minat belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Sejarah Infografis pada Materi Pergerakan Nasional terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran sejarah Infografis pada materi Pergerakan Nasional terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian nya adalah eksperimen. penelitian ini di lakukan di SMA Negeri 1 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Darul Makmur yang berjumlah 127 dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 54 orang siswa, penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan angket. Pada penelitian ini data angket dianalisis dengan menggunakan Microsoft exel 2010, kemudian angka-angka tersebut dimasukkan kedalam rumus korelasi product moment untuk mendeskripsikan atau mengetahui kecenderungan variable intensitas pengamatan terhadap minat belajar siswa dan pengujian hipotesis hasil analisa statistic korelasi product moment koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,970 termasuk pada kategori sangat kuat yang mendekati +1 dan di dapatkan r adalah 0,583, kemudin hasil tersebut dikonfermasi dengan tabel Signifikasi 5% = 0,381 dan taraf signifikas 1% = 0,487. Dengan demikian dapat di interpretasikan bahwa ada pengaruh media pembelajaran sejarah infografis terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS pada materi pergerakan nasional SMA Negeri 1 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA SMA NEGERI 3 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Damharius, 2014)

PENERAPAN PETA KONSEP PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEUDE SEUMOT NAGAN RAYA (safrizal, 2014)

KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA KELAS RENDAH DI SD NEGERI SEUMAYAM KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Renita Anggun Sutrisno, 2018)

KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 6 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Marlina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy