//

PENGARUH DOSIS PUPUK NPK DAN PEMANGKASAN CABANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TIN (FICUS CARICA L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Uswatun Hasanah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitiann ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis NPK dan pemangkasan cabang terhadap pertumbuhan dan hasill tanaman tin. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juli 2019 di Kebun Percobaan 1 Pertanian Universitas Syiah Kuala. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAK Faktorial 2x3 dengan 3 ulangan, menggunakan pola split plot. Petak utama dosis pupuk (N) yang terdiri dari 2 taraf (600 kg/ha dan 900 kg/ha), anak petak adalah pemangkasan cabang (P) terdiri dari 3 taraf (dipelihara 3 cabang primer, 4 cabang primer dan 5 cabang primer). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis pupuk NPK berpengaruh sangat nyata pada pertambahan panjang cabang primer 4 dan 10 MSP (Minggu Setelah Perlakuan), pertambahan diameter cabang sekunder 2, 4, 6, 8 dan 10 MSP, pertambahan jumlah cabang sekunder 8 dan 10 MSP, pertambahan panjang cabang sekunder 2, 4, 6 dan 8 MSP, jumlah daun 2, 4, 8 dan 10 MSP, jumlah buah pada panen 4 dan 5 dan berat buah panen 1 dan panen 5. Dosis pupuk NPK berpengaruh nyata pada parameter pertambahan panjang cabang primer 2, 6 dan 8 MSP, pertambahan jumlah cabang sekunder 4 MSP, pertambahan panjang cabang sekunder 10 MSP, jumlah daun 6 MSP, jumlah buah panen 1, 2 dan 3 dan berat buah panen 2, 3 dan 4. Dosis pemupukan yang tepat untuk tanaman tin adalah 900 kg/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemangkasan cabang berpengaruh sangat nyata pada pertambahan panjang cabang primer 6, 8 dan 10 MSP, pertambahan diameter cabang sekunder 6, 8 dan 10 MSP, pertambahan jumlah cabang sekunder 2, 6, 8 dan 10 MSP, pertambahan panjang cabang sekunder 4 MSP, jumlah daun 2 dan 8 MSP, jumlah buah panen 4 dan berat buah panen 4. Pemangkasan cabang berpengaruh nyata pada parameter pertambahan diameter cabang sekunder 2 dan 4 MSP, pertambahan panjang cabang sekunder 6, 8 dan 10 MSP, jumlah daun 4, 6 dan10 MSP, jumlah buah panen 1, 2, 3, dan 5 serta jumlah total dan berat pada panen 2 dan 3 serta berat total. Pemangkasan paling tepat yaitu menyisakan atau memelihara cabang primer sebanyak 5 cabang dalam satu tanaman tin. Terdapat interaksi antara dosis pemupukan NPK dan pemangkasan cabang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tin. Respon pertumbuhan dan hasil yang berbeda di pengaruhi oleh dosis pemupukan NPK dan pemangkasan cabang. Dengan kombinasi perlakuan terbaik yaitu dosis pemupukan NPK 900 kg/ha dengan 5 cabang yang dipelihara

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUJIAN PUPUK HAYATI AGROBOST DAN PEMANGKASAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (MAINANNUR, 2019)

PENGARUH DOSIS PUPUK NPK DAN PEMANGKASAN TUNAS LATERAL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SEMANGKA (CITRULLUS VULGARIS SCHARD) (AZZURA, 2018)

PENGARUH DOSISI PUPUK NPK MUTIARA DAN JENIS PEMANGKASAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (ABELMOSCHUS ESCULENTUS L. MOENCH) (Puja Sari, 2020)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DENGAN BERBAGAI DOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL) DI GAMPONG ULEE ATEUNG KECAMATAN MADAT KABUPATEN ACEH TIMUR (Muhammad Husaini, 2014)

APLIKASI BERBAGAI JENIS PUPUK DAN PEMANGKASAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI DAN KUALITAS KAKAO RAKYAT DI KECAMATAN PADANG TIJI DAN KECAMATAN MILA KABUPATEN PIDIE (Rama Herawati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy