IMPLEMENTASI PROGRAM APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DALAM MENGELOLA KEUANGAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA LAMBARO SKEP, KECAMATAN KUTA ALAM, KOTA BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IMPLEMENTASI PROGRAM APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DALAM MENGELOLA KEUANGAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA LAMBARO SKEP, KECAMATAN KUTA ALAM, KOTA BANDA ACEH)


Pengarang

NAZARINA AR RANIRY - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1501103010096

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Akuntansi (S1) / PDDIKTI : 62201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengimplementasian aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dalam mengelola keuangan desa berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih ialah Gampong Lambaro Skep, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Informan yang menjadi narasumber pada penelitian ini ialah kepala desa (keuchik), sekretaris desa, dan kepala urusan keuangan pada Gampong Lambaro Skep. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengimplementasian Siskeudes pada Pemerintah Gampong Lambaro Skep dilaksanakan berdasarkan lima tahapan (perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban) dan dapat dikatakan berhasil meskipun masih terdapat kendala kecil pada tahap penatausahaan serta aplikasi Siskeudes juga turut berperan dalam proses pencairan dana desa.

Kata Kunci: pengelolaan keuangan desa, Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), pencairan dana desa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK